Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Persepsi Harga dan Kualitas Produk Pada Toko Jannah Plastik Pondok Petir

Authors

  • Yolanda Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Mahabba Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam proses pembelian, konsumen tidak hanya mempertimbangkan harga produk, tetapi juga kualitas produk. Persepsi harga dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, sehingga penting bagi organisasi untuk memahami bagaimana konsumen membandingkan harga dan kualitas saat melakukan pembelian.

Harga memiliki peranan penting dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk. Harga yang sesuai dengan kualitas produk dapat menentukan keberhasilan pemasaran suatu produk. Konsumen akan mempertimbangkan informasi dari orang yang berpengalaman tentang harga suatu produk yang akan dibeli.

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melakukan analisis apakah terdapat pengaruh antara variable bebas yaitu Persepsi Harga (X1), Kualitas Produk (X2), terhadap variable terikat yaitu Keputusan Pembelian (Y) secara simultan maupun parsial. Dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 102 responden dengan metode skala likert dan untuk dilakukan uji validitas dan realibilitas. Metode kuantitatif kami gunakan dengan regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 22 untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial. Didapatkan hasil bahwa persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan  terhadap keputusan pembelian sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli

References

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).

Ci, A. M., & Raymond, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Golden City Residence Kota Batam. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2).

Clarita, N. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di CFC Grande Karawaci. AKSIOMA: Jurnal Manajemen, 2(1), 37-53.

Mendur, M. E., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1077-1086.

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 183-188.

Rivai, J. (2021). The role of purchasing decisions mediating product quality, price perception, and brand image on customer satisfaction of Kopi Janji Jiwa. Journal of Business and Management Studies, 3(2), 31-42.

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, 2013.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Yolanda, & Mahabba. (2024). Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Persepsi Harga dan Kualitas Produk Pada Toko Jannah Plastik Pondok Petir . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 967–975. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40421