Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital yang Terintegrasi dengan Media Sosial terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian Konsumen di Industri Fashion

Authors

  • Siti Aisyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Yusup Yusup Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Ahmad Fauzi Ridho Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Pemasaran Digital, Media Sosial, Brand Awareness, Keputusan Pembelian, Industri Fashion

Abstract

Industri fashion adalah salah satu sektor paling dinamis dan kompetitif di pasar global kontemporer. Cara perusahaan fashion memasarkan produknya telah berubah secara signifikan akibat perkembangan internet dan teknologi informasi. Dalam hal menjangkau audiens target, mengembangkan basis konsumen, dan meningkatkan pengenalan merek, perusahaan fashion menyadari bahwa penggunaan integrasi media sosial dengan strategi pemasaran digital sangatlah penting. Berkat pemasaran digital, perusahaan fashion memiliki lebih banyak metode untuk menghubungi, berkomunikasi secara langsung, dan cepat dengan pelanggan mereka. Dengan menggunakan media sosial, bisnis dapat meluncurkan komunitas online, berbagi pembaruan produk, dan memperoleh umpan balik langsung dari pelanggan. merek fashion dapat memanfaatkan hal ini untuk memperkuat ikatan mereka dengan pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, dan mempengaruhi opini publik. Mengingat hal ini, memang demikian Persepsi harga merupakan faktor penentu yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi harga menurut Schiffman & Kanuk (2013) adalah sejauh mana pembeli menganggap suatu harga berlebihan, rendah, Persepsi harga dipengaruhi oleh seberapa baik masyarakat memahami dan menafsirkan informasi harga. Ketika suatu harga dibandingkan dengan harga pesaing, respon psikologis konsumen menentukan masuk akal atau tidaknya, dan persepsi inilah yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli suatu produk. Temuan riset Sari & Endang tahun 2021 yang menunjukkan bahwa harga berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian, mendukung hal tersebut. Berbeda dengan temuan tersebut, penelitian Maharani (2019) dan Putri (2018) menunjukkan bahwa harga tidak berdampak pada harga.

References

Alfiana, V., & Anshori, S.M. 2023. Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Dalam Meningkatkan Brand Image Pada Butik Yumna di Kab. Sumbawa. Uts Student Conference. 1(5), 386-401.

Fadhillah, N.H., Aripraha, G., & Muthaminah, L. 2023. Perancangan Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Brandawarness dan Edukasi Terhadap Brand Ortuseight. E-proceeding of Art & Design. 10(6), 11224.

Fajar, R.M., Suhud, U., & Febrilia, I. 2023. Analisis Variabel-Variabel Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pameran Sepatu Jakarta Sneakers Dsy. Sinomika Jurnal. 1(5), 1249-1270.

Humaira, & Fitriani, E. 2021. Penguatan Masyarakat Konsumen Abad ke-21: Studi Kasus Konsumerisme Fast Fashion di Inggris. Jurnal Kajian Budaya. 11(2), 238-262.

Nurfaizi, R., Tanjung, B.H., & Muhyani. 2022. Strtegi Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Membangun Brand Awareness ( Studi Kasus Pada Akun Instagram Maziem.id ). Jurnal Multidisiplin Ilmu. 1(3),115-122.

Putra, B.B. 2024. Analisis Strategi Pemasaran Influencer Marketing dan Integrated Marketing Comunication Erigo Untuk Meninggkatkan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntasi. 1(2), 99-106.

Rahmawati, D.N., Winarso, W., & Anas, H. 2023. Pengaruh Flash Sale, Live Shopping, dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Skintific di Shopee. Jurnal Economina. 2(10), 2740-2755.

Rofik Satria, Hasmawaty A.R. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel Cabang Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 160.

Shatria, L.S. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Pined Perigee Wearhouse Sebagai Fashion Store di Kota Solo. Studi Ilmu Komunikasi. 1-19.

Utomo, I. W. (2017). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOPPING (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Komunikasi, VIII(1), 78.

Utomo, I. W. (2017). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOPPING (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Komunikasi, VIII(1), 78

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Aisyah, S., Yusup, Y., & Ridho, A. F. (2024). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital yang Terintegrasi dengan Media Sosial terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian Konsumen di Industri Fashion. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 616–623. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/39283