Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Keripik Ikan di Kelurahan Sungai Langkai Batam

Authors

  • Cholin Mutiara Fakultas Sosial dan Humaniora, Prodi Manajemen, Universitas Putera Batam
  • Winda Evyanto Fakultas Sosial dan Humaniora, Prodi Manajemen, Universitas Putera Batam

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Keputusan pembelian

Abstract

enelitian ini merupakan studi tentang pengaruh Harga dan kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian kripik ikan di Kelurahan Sungai Langkai Kecamatan Sagulung Kota Batam. Dalam penelitian ini variabel independennya adalah Harga dan kualitas produk, sedangkan variabel independennya adalah keputusan pembelian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penelitian. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 141 responden dan kausalitas kuantitatif digunakan sebagai metode penelitian. Hipotesis tersebut dibuktikan dengan analisis regresi berganda. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap yaitu. Langkah pertama adalah membiasakan diri dengan teori-teori dan mengumpulkan informasi tentang topik yang dipilih dan dipelajari. Langkah kedua adalah mengumpulkan informasi dasar melalui survei. Langkah ketiga adalah menguji kegunaan data melalui uji validitas dan reliabilitas. Langkah keempat, pengujian hipotesis eksploratif dengan regresi berganda untuk menguji hipotesis secara parsial dan simultan. Pada langkah kelima mengisyaratkan apakah variabel independen terhadap variabel dependen dapat saling memperkuat pengaruhnya atau saling terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial harga dan kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan yang besar terhadap keputusan pembelian kripik ikan di Kelurahan Sungai Langkai Kecamatan Sagulung Kota Batam sekaligus variabel harga dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan sangat positif terhadap keputusan pembelian kripik ikan di Kelurahan Sungai Langkai Kecamatan Sagulung Kota Batam.

References

Amstrong dan Kotler. 2015. Manajemen Pemasaran. Prehalindo: Jakarta.

Angipora, Marinus, 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anoraga, Pandji dan Djoko Sudantoko. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Basu, Swasta dan Irawan. 2018. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.Yogyakarta

Buchari, Alma. 2017. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. CV. Alfabeta : Bandung

Ghozali, Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Edisi Kelima”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hermann, et, al. 2007, “The social influence of brand community: evidence from European car clubs”, Journal of Marketing, Vol. 69, p 19 - 34.

Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Erlangga: Jakarta

Kotler, Philip dan Keller, K.L. 2019. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 d 12. PT Indeks: Jakarta

Muhammad, As’adi. 2019. Cara Pintar Promosi Murah dan Efektif. Gara ilmu : Yogyakarta

Nickels, William G. 2018. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Offset: Yogyakarta

Saladin, Djaslim. 2017. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Edisi Revisi. CV. Linda Karya: Bandung

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, 2017. Strategi Pemasaran Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2018. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Downloads

Published

2024-07-13

How to Cite

Mutiara, C., & Evyanto, W. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Keripik Ikan di Kelurahan Sungai Langkai Batam. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 2219–2226. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/42019