Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sayuran Hidroponik Lembur Hejo Sukaraja Kabupaten Bogor

Authors

  • Sagita Sulistiana Marbun Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Agus Sulaiman Anhary Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Produk, Harga Keputusan Pembelian

Abstract

ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian  pada sayuran Hidroponik Lembur Hejo Sukaraja Bogor baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Lembur Hejo yaitu sebanyak 901 orang konsumen, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, dari hasil perhitungan diperoleh 90 orang konsumen yang dijadikan sampel. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 3,913 + 0,862X1, nilai koefisien korelasi sebesar 0,890 artinya kedua variabelmemiliki tingkat pengaruh yang sedang dengan koefisien determinasi sebesar 68,8% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (13,933 > 1,987). Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 4,207 + 0,860X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,890 artinya kedua variabel memiliki tingkat pengaruh yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 79,1% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (18,274 > 1,987). Kualitas Produk dan Harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian  dengan persamaan regresi Y = 2,545 + 0,263X1 + 0,650 X2. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,809 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki tingkat pengaruh yang kuat dengan koefisien determinasi 80,9% sedangkan sisanya sebesar 19,1% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (183,691 > 3,10) dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada Hidroponik Lembur Hejo.

References

Arfah, Y. (2022). Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

Assauri, Sofjan. Mba, 2018.Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, Dan Strategi. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Dewi, T. (2019). Strategi Penetapan Harga Jual Pada Usaha Fitrah Mebel Di Kelurahan Air Tiris Menurut Ekonomi Syariah (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Ersi, Dzikiryati Yuni, and Hatane Semuel. 2014. “Analisis CRM , Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Produk UKM Berbasis Bahan Baku Terigu Di Jawa Timur.” Jurnal Manajemen Pemasaran 8(1): 1–8. doi:10.9744/pemasaran.8.1.1-8.

Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603-612.

Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 194-211.

Fathurrochman, I., Endang, E., Bastian, D., Ameliya, M., & Suryani, A. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirawas. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 1-12.

Gesi, B., Laan, R., & Lamaya, F. (2019). Manajemen dan eksekutif. Jurnal Manajemen, 3(2), 51-66.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi ProgramAMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gloria, Friani, Igir Jhony, R E Tampi, Henny Taroreh, Jurusan Ilmu, Administrasi Program, and Studi Administrasi Bisnis. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi Pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang).” Jurnal Administrasi Bisnis 6(2): 86.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69-72.

Hamidu, H., Hasan, S., & Rahman, M. H. (2023). Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 87-96.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Joshua, Davin, and Metta Padmalia. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship 5(1): 27–32. doi:10.37715/jee.v5i1.384.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary, Opreshik, Marc, Oliver. 2018. Prinsip –prinsip Pemasaran. Edisi 17. United Kingdom: Pearson Education

Manik, Cornelia Dumarya. 2015. “( Studi Pada Perumahan Serpong Garden ).” Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang 3(1): 40–56.

Meilani, R., & Kartini, I. A. N. (2020). Pengaruh Product, People, Dan Process Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ekspedisi Cv. Hitam Oren Express (Hoe) Di Surabaya. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(1).

Nugroho, D. A. (2017). Pengantar Manajemen untuk Organisasi Bisnis, Publik dan Nirlaba. Universitas Brawijaya Press.

Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2018). Manajemen sumber daya manusia di stasiun televisi lokal radar Tasikmalaya tv. ProTVF, 2(1), 1-18.

Pratama, R. Y. (2020). Fungsi-Fungsi Manajemen “POAC.”. Universitas Jenderal Achmad Yani.

RAMADANI, R. A. (2019). PROSES KEGIATAN PEMASARAN PADA BAGIAN TELEMARKETING DI PT. IRON BIRD LOGISTICS (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Rini, L. T. S., Ningrum, R., Resihono, L. D., & Hardiyansyah, D. W. (2024). PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7 P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (PEMAKAI JASA) GADAI DI PEGADAIAN CPP PURWOTOMO SURAKARTA. Surakarta Management Journal, 6(1), 81-95.

Setiawan, Rahmad. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Aprilia Bakery.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 3(3): 59. doi:10.32493/jpkpk.v3i3.5141.

Shanjaya, I. A., Munarsih, M., & Harsono, Y. (2023). PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KEMEJA PRIA MEREK BUON GIORNO. Jurnal Ilmiah Publika, 11(1), 382-397.

Simanjuntak, D. C. Y., Salimi, V. A., Louis, V., & Johanes, T. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Baja Pada Pt Suminsuryamesindolestari (Doctoral dissertation, Udayana University).

Sugiyono, 2021. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399-410.

Yulia, L., & Setianingsih, W. (2020). Studi Manajemen Marketing Berbasis Online (Penelitian Pada Umkm Produksi Mebel Di Babakan Muncang Tamansari Kota Tasikmalaya). Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), 9(1), 346-354.

Yuliana, Indah, Aunur Rofiq, and Ami Rotil Ummah. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 5(6): 2450–66. doi:10.47467/alkharaj.v5i6.2338.

Yuliana, Indah, Aunur Rofiq, and Ami Rotil Ummah. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 5(6): 2450–66. doi:10.47467/alkharaj.v5i6.2338.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Marbun, S. S., & Anhary, A. S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sayuran Hidroponik Lembur Hejo Sukaraja Kabupaten Bogor. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22855–22865. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43172