Pengaruh Kualitas Produk, Media Sosial, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Butik Nining Collection

Authors

  • Gina Lorenza Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Vicky Brama Kumbara Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Della Asmaria Putri Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

Keywords:

Kualitas produk, Media sosial, Citra merek, Keputusan Pembelian, Kepuasan pelanggan

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar Pengaruh Kualitas Produk, Media Sosial dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pada Butik Nining Collection pada tahun 2022-2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Butik Nining Collection. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Media Sosial terhadap Kepuasan Pelanggan pada Butik Nining Collection. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan pada Butik Nining Collection. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Butik Nining Collection.Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian pada Butik Nining Collection. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Butik Nining Collection. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepuasan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian pada Butik Nining Collection. Terdapat Pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Media Sosial terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara Citra merek terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.

References

Abidin, Z., & Ratnawati, R. (2024). Manajemen Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Pragaan Sumenep Di Era 5.0. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7(1), 96–105. https://doi.org/10.31539/alignment.v7i1.9507

Adiningsih, W. I. (2021). Analisis Dampak Self Efficacy Dan …, Widya Indah Adiningsih, Universitas Multimedia Nusantara. 1–21.

Ahmad, M., Tumbel, T. M., & ... (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis …, 10(1), 25–31. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/view/28826%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/download/28826/28141

Amitha Shofiani Devi, Khusnul Hotimah, Ramadhan Sakha A, Achmad Karimullah, & M. Isa Anshori. (2024). Mewawancarai Kandidat: Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas. MASMAN : Master Manajemen, 2(2), 66–78. https://doi.org/10.59603/masman.v2i2.387

Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 6681(2), 428–433. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.65

Anisa, C. A. (2021). Tingkat Manajemen Dan Manajer Beserta Fungsi-Fungsi Manajemen. Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 150–164. https://doi.org/10.32478/leadership.v2i2.712

Ariyanti, N., Marleni, & Prasrihamni, M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1450–1455. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5462

Arta Naibaho, U., Akbar, H., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Kepuasan Pelanggan: Analisis Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk (Literature Review Strategic Marketing Management). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1079–1089. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1346

Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1675–1682. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1156/1036

Downloads

Published

2025-01-07

How to Cite

Lorenza, G., Kumbara, V. B., & Putri, D. A. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Media Sosial, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Butik Nining Collection. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 1357–1363. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/47000