Analisis Strategi Pemasaran Dengan menggunakan Metode SWOT dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Meningkatkan Volume Penjualan

Authors

  • Agym Agym Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Arivatus Sa'adah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Raisita Alhasibah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Yasir Terza Rahman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Yogi Ibrahim Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Jamaludin Jamaludin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Analytical Hierarchy Process (AHP), Volume Penjualan

Abstract

Analisis strategi pemasaran yang efektif adalah kunci bagi perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan dalam bisnis. Pada artikel ini, kami menguraikan pendekatan metodis dan terstruktur untuk mengembangkan strategi pemasaran dengan menggabungkan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Kami merinci langkah-langkah praktis untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan, serta menyusun strategi pemasaran yang sesuai berdasarkan temuan analisis SWOT. Melalui studi kasus dan penelitian kualitatif, kami mengeksplorasi berbagai strategi yang dapat diterapkan oleh bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka. Hasil analisis SWOT berfungsi sebagai landasan untuk menciptakan rencana pemasaran yang memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal perusahaan, sekaligus mengatasi kelemahan internal dan memanfaatkan peluang eksternal.

References

Darmanto, E., Noor, L., dan Nanik, S., “Penerapan Metode AHP (Analythic Hierarchy Process) Untuk Menentukan Kualitas Gula Tumbu”, Jurnal SIMETRIS, Vol 5 No 1 April

David, Fred R. 2016. Manajemen StrategikEdisi15 :Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Salemba Empat, Jakarta Selatan.

Hartati, M., dan Dina, E., “Prosiding Seminar Nasional XI “Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi 2016 Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta”, Prosiding Seminar Nasional XI “Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi 2016 Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Kotler, P. 2000. Marketig Pemasaran (Terjemahan). PT. Prenhallindo, Jakarta

Lovelock, C. 2002.Services Marketing and Management. Prentice Hall, New Jersey.

Pearce, JA dan R.b Robinson. 1997. Managemen Strategik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian (TerjemahanJilid I). Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Purnomo, S.H dan Zulkieflimansyah. 1999. Manajemen Strategi SebuahKonsep Pengantar. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT :Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Downloads

Published

2024-05-11

How to Cite

Agym, A., Sa’adah, A., Alhasibah, R., Rahman, Y. T., Ibrahim, Y., & Jamaludin , J. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dengan menggunakan Metode SWOT dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 588–596. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/39257