Analisis Strategi Pemasaran Dengan menggunakan Metode SWOT dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Meningkatkan Volume Penjualan
Keywords:
Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Analytical Hierarchy Process (AHP), Volume PenjualanAbstract
Analisis strategi pemasaran yang efektif adalah kunci bagi perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan dalam bisnis. Pada artikel ini, kami menguraikan pendekatan metodis dan terstruktur untuk mengembangkan strategi pemasaran dengan menggabungkan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Kami merinci langkah-langkah praktis untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan, serta menyusun strategi pemasaran yang sesuai berdasarkan temuan analisis SWOT. Melalui studi kasus dan penelitian kualitatif, kami mengeksplorasi berbagai strategi yang dapat diterapkan oleh bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka. Hasil analisis SWOT berfungsi sebagai landasan untuk menciptakan rencana pemasaran yang memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal perusahaan, sekaligus mengatasi kelemahan internal dan memanfaatkan peluang eksternal.
References
Darmanto, E., Noor, L., dan Nanik, S., “Penerapan Metode AHP (Analythic Hierarchy Process) Untuk Menentukan Kualitas Gula Tumbu”, Jurnal SIMETRIS, Vol 5 No 1 April
David, Fred R. 2016. Manajemen StrategikEdisi15 :Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Salemba Empat, Jakarta Selatan.
Hartati, M., dan Dina, E., “Prosiding Seminar Nasional XI “Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi 2016 Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta”, Prosiding Seminar Nasional XI “Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi 2016 Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Kotler, P. 2000. Marketig Pemasaran (Terjemahan). PT. Prenhallindo, Jakarta
Lovelock, C. 2002.Services Marketing and Management. Prentice Hall, New Jersey.
Pearce, JA dan R.b Robinson. 1997. Managemen Strategik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian (TerjemahanJilid I). Bina Rupa Aksara, Jakarta.
Purnomo, S.H dan Zulkieflimansyah. 1999. Manajemen Strategi SebuahKonsep Pengantar. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT :Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.