Analisis Pengaruh Strategi Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Fashions Secara Online

Authors

  • Dea Moyan Safitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Nofiar Nofiar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Fashions secara Online (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen UNPAM) baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling acak diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini Strategi Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan persamaan regresi Y = 4,635 + 0,869 X1. Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (4,573) > (1,66320). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan persamaan regresi Y = 3,013 + 0,914 X2. Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (6,485) > (1,66320). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Strategi Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian dengan persamaan regresi Y = 1,606 + 0,390 X1 + 0,567 X2. Uji hipotesis diperoleh nilai f hitung > f tabel atau (228,155) > (3,95). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya Artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan Strategi Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian.

References

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kerja Kependidikan Depdiknas (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas.

Buchari, A., (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Databoks. (2024, Januari 10). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia (Januari-Desember 2023)*. Diambil kembali dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/10/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023

Fadli, M., Ayuda, F., Musfar, T. F., & Kamar, H. (2023). Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Strategi Promosi dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Studi : Dealer Mobil Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 6125–6137.

Febriyanto, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal manajemen dewantara, 01.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: UNDIP.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Education, Inc.

Mega, & Susan, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Monitor Aoc 24g2e. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(3), 959-967.

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. CV Media Sains Indonesia. Bandung.

Nadya, S., & Fadli, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Penetapan Harga, dan Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas Honda pada Arengka Auto Mall Pekanbaru. Jurnal Aplikasi Bisnis, 21(1), 43-55.

Nalendra, A., & Rangga. A. (2021). Statistika Seri Dasar Dengan SPSS. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Rahmawati, A. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Promosi Penjualan terhadap Emosi Positif dan Dampaknya terhadap Pembelian Impulsif dalam E- commerce Berrybenka.com. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rivai, V. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen, Edisi 7. (Zoelkifli, Penerjemah), Jakarta: Indeks.

Sudarsono, H. (2020). Buku ajar: Manajemen pemasaran. Jember: Pustaka Abadi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta : CAPS.

Tempo Bisnis. (2023, September 19). IKAPPI: Pedagang Pasar Tanah Abang Alami Penurunan Omzet hingga 75 Persen. Diambil kembali dari https://bisnis.tempo.co/read/1773932/ikappi-pedagang-pasar-tanah-abang-alami-penurunan-omzet-hingga-75-persen?page_num=2

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Trimalika, H., & Iftikad, I. (2023). Analisis Strategi Penetapan Harga, Kualitas Produk dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian di UD Ragil Diesel Kepanjen. JOURNAL ISLAMIC BUSINESS AND ENTREPRENEURSHIP, 2(2), 30–39.

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Safitri, D. M., & Nofiar, N. (2024). Analisis Pengaruh Strategi Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Fashions Secara Online. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22800–22815. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43166