Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global

Authors

  • Rahul Jihad Asalamah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Muhammad Fahrullah Ramadhan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Chandra Fitra Arfianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Pemasaran, Strategi Pemasaran Global, Globalisasi

Abstract

Penerapan strategi marketing dalam pasar global atau internasional di Indonesia. Dapat diketahui, promosi global merupakan tindakan yang dilakukan organisasi multinasional dengan teknik periklanan global, bisnis global, dan produk serta kebijakan global di berbagai negara. Globalisasi menjadi tantangan tersendiri bagi organisasi dalam menjalankan strategi promosi. Pasalnya, globalisasi mengharuskan organisasi bersaing dengan perusahaan berskala besar dan produk berkualitas. Hingga saat ini, Indonesia menjadi pasar sasaran yang diperebutkan. Dampak globalisasi dan persaingan pasar mengharuskan para pelaku usaha untuk memperhatikan iklim global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran global di pasar Indonesia bagi perusahaan Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penggabungan antara strategi promosi yang variatif dan strategi promosi standar merupakan strategi pemasaran global yang sesuai dengan kondisi pasar di Indonesia.

References

Abdullah dan Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Ball, Donald A. & Wendell H. Mc Cullock. 2010. Bisnis Internasional. Jakarta.Salemba Empat.

Chandra, Gregorius, dkk. 2008. “Pemasaran Global: Internasionalisasi dan Internetisasi”. Jakarta

Graham, Cateora.2010. Pemasaran Internasional (Jilid 1 dan 2), Jakarta: Salemba Empat

Fandy Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Philip, Kotler. 2010. Marketing Management. New York. Mc Grow

Graham, Cateora.2010. Pemasaran Internasional (Jilid 1 dan 2), Jakarta: Salemba Empat

Hill. Porter. 2004. International Marketing. New York. Mc Grow Hill.

Keegen. Warren j, (1997) Manajemen Pemasaran Global, Alih bahasa oleh Alexander Sindoro, Penerbit Prenhallindo, Jakarta

Keegan, Warren J.2012. Manajemen Pemasaran Global (Jilid 1 dan 2). Jakarta:

Kismono, Gugup 2011. Bisnis Pengantar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM. Yogyakarta.

Maulana, A. (1999). Strategi Pemasaran Global. Agrimedia. Vol 5, No.3.

Viswanathan, N.K. and Dickson, P.R. (2006). The Fundamental of Standardizing Global Marketing Strategies. International Marketing Riview. Vol 24, No.1.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Asalamah, R. J., Ramadhan, M. F., & Arfianto, C. F. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 2063–2071. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40996