ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN KEDAI HALAMAN BELAKANG
Keywords:
Analisis SWOT, Strategi PemasaranAbstract
Seiring dengan tingkat persaingan dalam dunia pemasaran, para pelaku bisnis mulai melakukan strategi bisnisnya. Salah satunya strategi pemasaran yang merupakan perencanaan bisnis secara keseluruhan dan strategi dalam mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi strategi pemasaran Kedai Halaman Belakang menggunakan pendekatan Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan wawasan mendalam melalui wawancara dengan pemilik Kedai Halaman Belakang, observasi, dan tinjauan dokumen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kedai Halaman Belakang untuk segi product, price, procces, place, promotion dan people, phisycal eviden Kedai Halaman Belakang sudah melakukan strategi tepat sasaran dengan tujuan perusahaan. Tetapi phisycal eviden Kedai Halaman Belakang melakukan strategi yang kurang tepat sehingga perlu dievaluasi. Strategi yang dapat digunakan Kedai Halaman Belakang berdasarkan matriks SWOT yaitu dengan memaksimalkan promosi secara media online ataupun offline, mengutamakan kepuasan konsumen dengan kualitas produk dan harga yang terjangkau. Berdasarkan analisis SWOT, rekomendasi strategi pemasaran termasuk peningkatan infrastruktur, promosi melalui media sosial, pengembangan kemitraan dengan produsen lokal, dan diversifikasi produk. Penelitian ini memberikan pandangan
mendalam tentang bagaimana Kedai Halaman Belakang dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan dalam lingkungan bisnis yang dinamis.
References
Amalia, N. R., Yulianti, F., & Kadir, A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Bree Sweetandfreeze Banjarmasin (Menggunakan Analisis SWOT). Jurnal Rimba : Riset Ilmu manajemen Bisnis dan Akuntansi, 42.
Efendy, L. A., Lapian, S. J., & Soepono, D. (2022). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA NOMAD. Jurnal Emba, 137.
Hamidah, N., & Haqi, M. S. (2019). Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT sebagai Pengembangan Usaha Kedai (Studi Literatur dan Perancangan Bisnis Kedai LossCaffe). MARGIN ECO : Jurnal Bisnis dan Perkembangan Bisnis, 18-19.
Haninda, R. N., Indriyani, N. D., & Qurrotu'ain, I. M. (2022). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN KEDAI WARUNG . YOS SOEDARSO ECONOMICS JOURNAL (YEJ), 2.
Madani, D. A., Wagiyo, & Widiniarsih, D. M. (2023). ANALISIS SWOT DALAM SISTEM PEMASARAN PADA WARUNG KOPI. Jurnal Sistem Ekonomi, 13-14.
Ridwan, M., & Hanafiah, H. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI OM BEWOK. Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneuship and Finance, 276.
Ritonga, H. P., Yossar, & Erianto. (2024). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN WARUNG ANGKOLA KOPI SIPIROK KABUPATENTAPANULI SELATAN. Journal of Science Education and Management Business, 3.
Rofiki, Putri, A. A., & Zahra, N. A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Warung Madura “Azzam”. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.