Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Steakhotel by Holycow

Authors

  • Tri Rahmanto Universitas Pamulang
  • Agung Setya Budi Universitas Pamulang

Keywords:

E-service Quality, Steakhotel by Holycow, Survei

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-service quality terhadap loyalitas pelanggan Steakhotel by Holycow. Dalam prosesnya, penelitian ini menggunakan metode survei. Metode survei yang digunakan dengan jenis kuantitatif yang memiliki tiga langkah yaitu: 1) memilih sampel dengan acak; 2) menentukan karakteristik sampel; 3) menyimpulkan populasi sesuai dengan sampel. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik pemberian kuisioner berupa google form. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen Steak Hotel by Holycow. Hasil penelitian yaitu: 1) data yang ada bersifat valid atau layak sebagai instrumen penelitian; 2) seluruh item Reliabel dan dapat digunakan sebagai instrumen penelitian; 3) nilai signifikansi sebesar 1.0842 dimana nilai tersebut lebih besar dari 0.05 (1.0842 > 0.05), dapat diasumsikan bahwa data berdistribusi normal; 4) terdapat pengaruh signifikan antara setiap dimensi E-Service Quality (Efisiensi, Reabilitas, Fullfilment, Privasi, Daya Tanggap, Kompensasi, dan Kontak) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan secara simultan; 5) nilai pearson korelasi ada dalam rentang 0,61 s/d 0,80 yang berarti nilai korelasinya kuat.

Author Biographies

Tri Rahmanto, Universitas Pamulang

Mahasiswa

Agung Setya Budi, Universitas Pamulang

Mahasiswa

References

Akhmadi, M. D. D., & Martini, E. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Aplikasi Ovo. Jurnal Mitra Manajemen, 4(5), 708–720. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i5.385

Bisnis, E. D. A. N. (n.d.). STATISTIK.

Laurent F. (2016). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan. Agora , 4(2), 95–100.

Mardalis, A. (2005). Meraih Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis BENEFIT, 9(2), 111 – 119. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Permana, H., & Djatmiko, T. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee di Bandung. Sosiohumanitas, 20(2), 64–78. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v20i2.112

Sabda Puta Mediti, O. C. M. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1290. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1290-1300

Satryawati, E. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan E- Commerce. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 4(1), 36–52. https://doi.org/10.37012/jtik.v4i1.284

Sugiyono. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Shopee Di Sleman Diy. Optimal, 18(1), 41–62.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Rahmanto, T., & Budi, A. S. (2024). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Steakhotel by Holycow. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1272–1278. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40621