Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial TikTok Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Camille Beauty

Authors

  • Melya Sari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Denita Mawardah2 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Hampers, Kemasan, Media social, promosi

Abstract

Studi ini dilakukan pada salah satu bisnis online di Tangerang  yang bernama Dhijab, yang menjual hampers Jilbab dihari Ied Fitri , Hasil observasi menunjukkan adanya beberapa permasalahan yang dihadapi oleh bisnis ini yaitu promosi pada sosial media yang kurang konsisten, kurangnya modal untuk beriklan, logo dan nama bisnis yang kurang sesuai dengan produk, foto produk, desain dan packaging yang kurang menarik dan kurang berkembang. Observasi terhadap jalannya usaha dan membuat angket dan menanyakannya kepada pemilik dan karyawan usaha ini merupakan metode pengumpulan data penelitian ini. Solusi yang telah diberikan adalah menggunakan aplikasi hookle agar promosi menjadi konsisten, mengubah logo dan nama bisnis, serta mengoptimalkan foto produk dan packaging di media sosial sebagai wadah periklanan.

References

Agustini, F., Amanah, D., & Harahap, D. A. (2021). Strategi Pengembangan Produk Kerupuk Opak Minang Yolanda. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(3), 293–300. https://doi.org/https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i3.1197

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan Terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 11(3), 207–216. https://doi.org/10.20473/jmtt.V11I3.%25p

Amanah, D., Harahap, D. A., Gunarto, M., & Purwanto. (2021). Merek dan Customer Delight terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris pada Amanda Brownies Setiabudhi Bandung). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 05(1), 63–79. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK ©

Andrian, R., Putri, A. S., Wiryandhani, F., & Rizaldi, N. I. N. (2021). Pengembangan Website E-Commerce Khusus Untuk Penyedia Jasa Penjualan Hampers Dengan Metode Design Thinking. Integrated (Journal of Information Technology and Vocational Education, 3(2), 10–14.

Armaini Rambe, Agustini, F., Amanah, Dita, & Ansari Harahap, D. (2019). PKM Penenun di Desa Barung-Barung Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batubara. In Pelita Masyarakat (Vol. 1, Issue 1). http://ojs.uma.ac.id/index.php/pelitamasyarakat

Clara Ganthy Ardias, H., & Muhaqqiq, I. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Hampers di Hari Natal dan Tahun Baru. Bank BTPN Dan Sekolah Bisnis IPB.

Davina, D. (2020). Hampers jadi Bisnis Silaturahmi Saat Pandemi Corona Melanda. Kompas TV.

Distribution, 5(6), 305–334.

Fauzi, M. (2018). Re-Design Logo Usaha Kecil Menengah Pada Toko Gibran Collection Di Pulang Untung Jawa. Jurnal Abdimas, 5(1), 93–97.

Gultom, D. K., Pulungan, D. R., & Farisi, S. (2019). Penggunaan Internet Marketing Guna Peningkatan Daya Saing Pada Usaha Mikro Handycraft Di Kota Medan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 339–347.

Harahap, D. A. (2020a, April). Pentingnya komunikasi pemasaran menciptakan kesadaran merek. Opinions Info Brand, April(2020), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.35170.68808

Harahap, D. A. (2020b, May). Covid 19 dan Transformasi Saluran Pembelian Online. Opinions Info Brand, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.23659.36642

Harahap, D. A. (2020c, May 12). Virus corona dan beralihnya pedagang tradisional ke online. Opini Harian Pelita, May, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.15210.13760

Harahap, D. A. (2021, September). Migrasi Late Bloomers Membeli Online Pada Periode PPKM Level 1-4. Majalah Peluang, September, 1–2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.12753.25443

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online di Indonesia : Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 9(2), 2301–8313. https://doi.org/10.21009/JRMSI

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2020). Determinants of Consumer Purchase Decision in SMEs. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(03), 3981– 3989. www.ijstr.org

Harahap, D. A., Saskia, S., Putra, A., Teviana, T., & Amanah, D. (2020). What is The Reason For Consumer Buying at Indonesia SMEs Market ? Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology 17(4), 17(4), 507–524. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/382 %0D%0A

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Hedynata, M. L., & E.D.Radianto, W. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 87–96.

Jessica, Yuwono, E. C., & Yusuf, V. (2019). Perancangan Kemasan Hampers dengan Sistem Bongkar-Pasang untuk Lunio Design. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 1–9.

Nova, F., Tanudjaja, B. B., & Kurniawan, D. (2021). Perancangan Visual Branding Hamper Dan Gift Wanderland. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1), 10–19.

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191–202.

Patrice, J., & Wardaya, M. (2018). Perancangan Ide Bisnis Giftery Hampers. Jurnal Vicidi, 8(2), 11–23.

Pratiwi, M. R., & Aulia, Y. (2020). Analisis Naratif sebagai Kajian Teks Pada Film. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 24(2), 71–83.

Pujiastuti, N. F. A. dan E. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu melalui Model PBL. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 525.

Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). Pelatihan Fotografi Dasar Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 2(2), 205–211.

Sukoco, A. R. F., N.P, M. W. E., & ZA, Z. (2015). Pengelolaan Modal Kerja Usaha Mikro Untuk Memperoleh Profitabilitas (Studi pada UD. Warna Jaya Periode 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1), 1–9.

Wibisono, A. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. DJKN Kemenkeu. Wills, G. (1975). Packaging as a Source of Profit. International Journal of Physical

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Sari, M., & Mawardah2 , D. (2024). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial TikTok Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Camille Beauty. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1426–1431. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40657