Analisis Pengalaman Pelanggan Dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion

Authors

  • Siti Halwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Pamulang
  • Shielvi Oktafiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Keywords:

Pengalaman Pelanggan (CX), Keputusan Pembelian Online, Produk Fashion, Keamanan Transaksi, E-commerce

Abstract

Pengaruh keputusan pembelian online produk fashion.  Studi ini berfokus pada bagaimana faktor-faktor seperti informasi produk yang jelas, kemudahan proses belanja, kualitas pelayanan pelanggan, dan keamanan transaksi secara keseluruhan yang pada akhirnya memengaruhi keputusan pembelian.  Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi pengalaman pelanggan, pelaku bisnis fashion online dapat  mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan yang lebih efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pelanggan dalam keputusan pembelian online produk fashion menggunakan metode studi literatur. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji berbagai literatur terkait dengan pengalaman pelanggan, keputusan pembelian online, dan produk fashion. Hasil dari penelitian ini yaitu Pengalaman pelanggan dan faktor-faktornya memiliki hasil yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk secara online pada konsumen fashion online. Hal ini disebabkan karena konsumen fashion online merasa bahwa dengan adanya kualitas produk yang dijual secara online dapat memudahkan konsumen dalam memilih dan membandingkan suatu produk.

References

Rehatalanit, Y. L. R. (2021). Peran e-commerce dalam pengembangan bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5.

Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada toko online. J@ TI Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143-152.

Adhitya, W. R. (2019). Fenomena Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) melalui harga, produk, kemudahan dan keamanan bertransaksi terhadap keputusan pembelian konsumen secara online dengan kepercayaan sebagai variabel moderating di Komplek Johor Indah Permai II Medan. Jmb (Jurnal Manajemen Dan Bisnis), 1(1).

D. C. Yosephine Simanjuntak and P. Y. Purba, “Peran Mediasi Customer Satisfaction dalam Customer Experience Dan Loyalitas Pelanggan,” J. Bisnis dan Manaj., vol. 7, no. 2, Nov. 2020, doi: 10.26905/jbm.v7i2.4795.

Bomer, A. B. N., & Tunjungsari, H. K. (2023). Niat Pembelian Kembali Pengguna Grabmart: Peran Pengalaman Pelanggan Pasca-Pembelian dan Citra Perusahaan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 132-140.

Shafwah, A. D., Fauzi, A., Caesar, L. A. Y., Octavia, A., Indrajaya, B. L., Endraswari, J. I., & Yulia, M. N. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare di E-Commerce Shopee (Literature Review Manajemen Pemasaran).

Imelda, W. M., Ali, M. F. H., Harvi, S., & Mahendra, A. (2023). TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MELALUI MARKET PLACES ONLINE.

Pebiyanti, E., Fauzi, A., Husniyyah, T., Tasia, S. I., Sutendi, Z., & Vitri, A. E. (2023). Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Keamanan, dan Persepsi Privasi Terhadap Kepercayaan Pengguna Belanja Online (Literature Review).

Aditya, H. F., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Kemudahan Penggunaan dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee.

Indra, D., Zahra, H. M., Setiono, S., & Pratama, D. R. P. (2022). Pengaruh E-Rating dan E-Review dengan E-Trust Sebagai Mediasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Lazada di Dago, Bandung).

Nendi, I., Koesharijadi, K., & Merthayasa, A. A. A. (2022). Peran promosi dan kualitas pelayanan pada keputusan konsumen di marketplace.

Anggraini, W., Permatasari, B., & Putri, A. D. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK SHOP PADA MASYARAKAT KOTA BANDAR LAMPUNG.

Anasrulloh, M., WH, M. A., & Haliza, H. N. (2024). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Market Place Shopee.

Mayranti Andra Mariza1, M.Khoiri Mariza, M. A., & Khoiri, M. (2024). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Lazada Pada Masyarakat Belakang Padang.

Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak.

Darmawan, D., & Putra, A. R. (2022). Pengalaman pengguna, keamanan transaksi, kemudahan penggunaan, kenyamanan, dan pengaruhnya terhadap perilaku pembelian online secara impulsif.

Kristiawan, A., Nursalin, K. K., Gunawan, I., & Yo, J. A. F. (2021). Pengaruh Pengalaman Berbelanja Online Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Segmen: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Pelanggan Shopee dan JD. id).

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Halwa, S., & Oktafiani, S. (2024). Analisis Pengalaman Pelanggan Dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1795–1806. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40912