Pengaruh Pemasaran Melalui Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap di Kalangan Mahasiswa

Authors

  • Semangat Telaumbanua Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Pamulang
  • Siti Saripatul Mawadah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Keywords:

Pemasaran Online, Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam era digital saat ini, media online telah menjadi alat pemasaran yang efektif serta memiliki peran penting dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi pengaruh pemasaran melalui media online terhadap keputusan pembelian produk mie sedap dikalangan mahasiswa universitas pamulang. Jenis penelitian ini adalah survey deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotensis. Data dikumpulkan melalui survey dangan menggunkan kuesioner untuk menganalisis bagaiman strategi pemasaran melalui media online dari produsen mie sedap mempengaruhi keputusan pembelian mahsiswa universitas pamulang. Penelitian ini menyoroti pentingnya media online sebagai platform pemasaran yang efektif untuk produsen mie sedap, serta menyarankan strategi pemasaran yang lebih inovatif dan interaktif untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang dipilih dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data berasal dari data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada pembeli mie sedaap secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran online jika dinilai dari kenyamanan, informasi, daya tarik minimal, masalah pengenalan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, dan keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa pemasaran online mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian khususnya di kalangan mahasiswa Universitas Pamulang.

References

Almira, A. (t.t.). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAISON NOB. 3, 10.

Prasetya, H. arwindra Y., & Nurmahdi, A. (2015). Pengaruh Kegiatan Pemasaran Digital Dan Perilaku Online Konsumen Pada Peningkatan Kesadaran Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Via Website. Jurnal Administrasi Bisnis, 1–19.

Santoso, R., Erstiawan, M. S., & Kusworo, A. Y. (2020). Inovasi Produk, Kreatifitas Iklan Dan Brand Trust Mendorong Keputusan Pembelian. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(2), 133–145.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020a). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.

Adib Suhel Anwari, Budi Santoso, Ira Puspitadewi S. 2022. Analisis Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Galak Bondowoso. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 130-136

Elvina Endah Puspa Wulandari. (2021). Pengaruh Lokasi, Inovasi Produk, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eleven Cafe Di Kota Bengkulu. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2, 74-86

Kotler. P., dan Keller. K. L, (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Setiadi, J. Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Jakarta, Kencana.

https://sekolahstata.com/r-tabel/ Di akses 28/04/2024

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Telaumbanua, S., & Mawadah, S. S. (2024). Pengaruh Pemasaran Melalui Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap di Kalangan Mahasiswa . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1816–1823. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40915