Strategi Digital Marketing Produk Kosmetik Melalui Beauty Influencer
Keywords:
Beauty Influencer, Produk Kecantikan, Strategi Pemasaran Digital.Abstract
Meningkatnya jumlah industri kosmetik di Indonesia berdampak pada persaingan ketat pada bisnis kosmetik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi digital marketing produk kosmetik melalui beauty influencer. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Objek penelitian yaitu beauty influencer. Metode pengumpulan data yaitu pengumpulan sumber literatur yang didapatkan melalui buku, jurnal, berita, dan sebagainya yang relevan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Hasil penelitian menemukan bahwa Berdasarkan tiga dimensi digital marketing, ditemukan bahwa 1) Meningkatkan aspek customer engagement melalui interaksi aktif antara beauty influencer dengan pengikutnya sehingga dapat membangun hubungan yang lebih erat; 2) Meningkatkan aspek permission marketing melalui perilaku meminta izin pengikut yang dimiliki beauty influencer sebelum melakukan promosi sehingga dapat meningkatkan respons positif dari konsumen, dan memastikan konten promosi tidak mengganggu atau menyinggung pengikutnya; dan 3) Meningkatkan aspek content marketing, dengan membuat konten yang menarik pada akun sosial media beauty influencer. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa kolaborasi dengan beauty influencer merupakan strategi efektif dalam kegiatan promosi produk kosmetik.
References
Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21
Ananda, A & Wandebori, H. (2016). The impact of drugstore makeup product reviews by beauty vlogger on youtube towards purchase intention undergraduate students in Indonesia. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 264-273
Angelica, C., Tercia, C. Y., & Murniadi, K. (2020). Studi Hubungan Kredibilitas Influencer, Parasosial, Nilai Merek, dan Niat Pembelian Produk Kosmetik. Kajian Branding Indonesia, 2(2), 300-336.
Chaffey, Dave., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice, Sixth Edition. Pearson.
Bond, B. J. (2018). Parasocial Relationships with Media Personae: Why They Matter and How They Differ Among Heterosexual, Lesbian, Gay, and Bisexual Adolescents. Media Psychology, 21(3), 457–485. https://doi.org/10.1080/15213269.2017.1416295
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: the impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798–828.
Deny, S. (2023). Industri Kosmetika Indonesia Tumbuh Subur, Kini Ada 1.010 Perusahaan Kecantikan. Liputan6.com (https://www.liputan6.com/bisnis/read/5422129/industri-kosmetika-indonesia-tumbuh-subur-kini-ada-1010-perusahaan-kecantikan?page=3 diakses pada 29 April 2024).
Gleason, T. R., Theran, S. A., & Newberg, E. M. (2017). Parasocial Interactions and Relationships in Early Adolescence. Frontiers in Psychology, 8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00255
Iqbal, M. (2021). Instagram Revenue and Usage Statistics (2021). https://www.businessofapps.com/data/instagram-statistics/ diakses pada 29 April 2024).
Ko, H. C., & Wu, W. N. (2017). Exploring the determinants of viewers loyalty toward beauty YouTubers. Proceedings of the 2017 International Conference on Education and Multimedia Technology-ICEMT 17. https://doi.org/10.1145/3124116.3124130
Kontan. (2019). Persaingan bisnis kosmetik ketat, Mandom (TCID) akan luncurkan produk baru pada 2020. (https://industri.kontan.co.id/news/persaingan-bisnis-kosmetik-ketat-mandom-tcid-akan-luncurkan-produk-baru-pada-2020 diakses pada 29 April 2024).
Larasati, J. A., & Susilo, D. (2022). Effect of Attractiveness of Sales Promotion Messages, Endorsement Beauty Influencers on Interest in Buying Rose All Day Instagram Followers. Jurnal Spektrum Komunikasi, 10(2), 121-137.
Liu, M. T., Liu, Y., & Zhang, L. L. (2019). Vlog and brand evaluations: the influence of parasocial interaction. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 31(2). 419–436. https://doi.org/10.1108/apjml-01-2018-0021
Nurhanifah, N., Aggriany, Z. M., Damayanti, R., Ramadhani, K. R., Aditya, N., & Winanti, R. (2023). Influencer Marketing sebagai Strategi Public Relations Pada Produk Kecantikan MS Glow. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(2), 665-675. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i2.2747
Ogden-Barnes, S., & Minahan, S. (2015). Sales promotion decision making: concepts, principles, and practice. Business Expert Press.
Phua, J. (2014). The effects of similarity, parasocial identification, and source credibility in obesity public service announcements on diet and exercise self-efficacy. Journal of Health Psychology, 21(5), 699–708. https://doi.org/10.1177/1359105314536452
Raharjo, H. O., Nyoman, K. N. (2023). Indonesia Memiliki Potensi Industri Kosmetik dan Kesehatan yang Besar. RRI.COM (https://rri.co.id/bisnis/363812/indonesia-memiliki-potensi-industri-kosmetik-dan-kesehatan-yang-besar?utm_source=popular_home&utm_medium=internal_link&utm_campaign=general_campaign diakses pada 29 April 2024).
Sari, S. A., Setianingsih, W. E., & Rusdiyanto, R. (2024). Pengaruh Influencer Marketing dan Pemasaran Digital Era Modern terhadap Loyalitas Konsumen Produk Emina (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember). BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 5(2), 509-521. https://doi.org/10.31539/budgeting.v5i2.8167
Sinaga, R. E. M., Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampak terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Pengguna Kosmetik Maybelline di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 63(1). 187-196.
Sulindra, A. N., Ningsih, A. W., Wibowo, A., & Permana, E. (2022). Pemanfaatan Influencer Produk Somethinc Dalam Strategi Digital Marketing di Kalangan Masyarakat. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 3(2), 199-212. https://doi.org/10.32585/jbfe.v3i2.4102
Zukhrufani, A., & Zakiy, M. (2019). The effect of beauty influencer, lifestyle, brand image and halal labelization towards halal cosmetical purchasing decisions. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 5(2), 168-180.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.