Strategi Digital Marketing Produk Kosmetik Melalui Beauty Influencer

Authors

  • Natasya Cahyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Ikhwan Rizwan Iskandar Iskandar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Beauty Influencer, Produk Kecantikan, Strategi Pemasaran Digital.

Abstract

Meningkatnya jumlah industri kosmetik di Indonesia berdampak pada persaingan ketat pada bisnis kosmetik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi digital marketing produk kosmetik melalui beauty influencer. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Objek penelitian yaitu beauty influencer. Metode pengumpulan data yaitu pengumpulan sumber literatur yang didapatkan melalui buku, jurnal, berita, dan sebagainya yang relevan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Hasil penelitian menemukan bahwa Berdasarkan tiga dimensi digital marketing, ditemukan bahwa 1) Meningkatkan aspek customer engagement melalui interaksi aktif antara beauty influencer dengan pengikutnya sehingga dapat membangun hubungan yang lebih erat; 2) Meningkatkan aspek permission marketing melalui perilaku meminta izin pengikut yang dimiliki beauty influencer sebelum melakukan promosi sehingga dapat meningkatkan respons positif dari konsumen, dan memastikan konten promosi tidak mengganggu atau menyinggung pengikutnya; dan 3) Meningkatkan aspek content marketing, dengan membuat konten yang menarik pada akun sosial media beauty influencer. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa kolaborasi dengan beauty influencer merupakan strategi efektif dalam kegiatan promosi produk kosmetik.

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Ananda, A & Wandebori, H. (2016). The impact of drugstore makeup product reviews by beauty vlogger on youtube towards purchase intention undergraduate students in Indonesia. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 264-273

Angelica, C., Tercia, C. Y., & Murniadi, K. (2020). Studi Hubungan Kredibilitas Influencer, Parasosial, Nilai Merek, dan Niat Pembelian Produk Kosmetik. Kajian Branding Indonesia, 2(2), 300-336.

Chaffey, Dave., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice, Sixth Edition. Pearson.

Bond, B. J. (2018). Parasocial Relationships with Media Personae: Why They Matter and How They Differ Among Heterosexual, Lesbian, Gay, and Bisexual Adolescents. Media Psychology, 21(3), 457–485. https://doi.org/10.1080/15213269.2017.1416295

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: the impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798–828.

Deny, S. (2023). Industri Kosmetika Indonesia Tumbuh Subur, Kini Ada 1.010 Perusahaan Kecantikan. Liputan6.com (https://www.liputan6.com/bisnis/read/5422129/industri-kosmetika-indonesia-tumbuh-subur-kini-ada-1010-perusahaan-kecantikan?page=3 diakses pada 29 April 2024).

Gleason, T. R., Theran, S. A., & Newberg, E. M. (2017). Parasocial Interactions and Relationships in Early Adolescence. Frontiers in Psychology, 8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00255

Iqbal, M. (2021). Instagram Revenue and Usage Statistics (2021). https://www.businessofapps.com/data/instagram-statistics/ diakses pada 29 April 2024).

Ko, H. C., & Wu, W. N. (2017). Exploring the determinants of viewers loyalty toward beauty YouTubers. Proceedings of the 2017 International Conference on Education and Multimedia Technology-ICEMT 17. https://doi.org/10.1145/3124116.3124130

Kontan. (2019). Persaingan bisnis kosmetik ketat, Mandom (TCID) akan luncurkan produk baru pada 2020. (https://industri.kontan.co.id/news/persaingan-bisnis-kosmetik-ketat-mandom-tcid-akan-luncurkan-produk-baru-pada-2020 diakses pada 29 April 2024).

Larasati, J. A., & Susilo, D. (2022). Effect of Attractiveness of Sales Promotion Messages, Endorsement Beauty Influencers on Interest in Buying Rose All Day Instagram Followers. Jurnal Spektrum Komunikasi, 10(2), 121-137.

Liu, M. T., Liu, Y., & Zhang, L. L. (2019). Vlog and brand evaluations: the influence of parasocial interaction. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 31(2). 419–436. https://doi.org/10.1108/apjml-01-2018-0021

Nurhanifah, N., Aggriany, Z. M., Damayanti, R., Ramadhani, K. R., Aditya, N., & Winanti, R. (2023). Influencer Marketing sebagai Strategi Public Relations Pada Produk Kecantikan MS Glow. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(2), 665-675. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i2.2747

Ogden-Barnes, S., & Minahan, S. (2015). Sales promotion decision making: concepts, principles, and practice. Business Expert Press.

Phua, J. (2014). The effects of similarity, parasocial identification, and source credibility in obesity public service announcements on diet and exercise self-efficacy. Journal of Health Psychology, 21(5), 699–708. https://doi.org/10.1177/1359105314536452

Raharjo, H. O., Nyoman, K. N. (2023). Indonesia Memiliki Potensi Industri Kosmetik dan Kesehatan yang Besar. RRI.COM (https://rri.co.id/bisnis/363812/indonesia-memiliki-potensi-industri-kosmetik-dan-kesehatan-yang-besar?utm_source=popular_home&utm_medium=internal_link&utm_campaign=general_campaign diakses pada 29 April 2024).

Sari, S. A., Setianingsih, W. E., & Rusdiyanto, R. (2024). Pengaruh Influencer Marketing dan Pemasaran Digital Era Modern terhadap Loyalitas Konsumen Produk Emina (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember). BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 5(2), 509-521. https://doi.org/10.31539/budgeting.v5i2.8167

Sinaga, R. E. M., Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampak terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Pengguna Kosmetik Maybelline di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 63(1). 187-196.

Sulindra, A. N., Ningsih, A. W., Wibowo, A., & Permana, E. (2022). Pemanfaatan Influencer Produk Somethinc Dalam Strategi Digital Marketing di Kalangan Masyarakat. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 3(2), 199-212. https://doi.org/10.32585/jbfe.v3i2.4102

Zukhrufani, A., & Zakiy, M. (2019). The effect of beauty influencer, lifestyle, brand image and halal labelization towards halal cosmetical purchasing decisions. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 5(2), 168-180.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Cahyani, N., & Iskandar, I. R. I. (2024). Strategi Digital Marketing Produk Kosmetik Melalui Beauty Influencer. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1917–1923. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40946