Strategi Pemasaran PT Mayora Indah Tbk Dalam Menghadapi Persaingan Pasar

Authors

  • Fitri Ardhiyanti Salsabila Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Adi Wirianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Aninda Sopiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • M. Dwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Hadyati Harras Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Studi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Pemasaran; Persaingan Pasar; Inovasi Produk; Pemasaran Digital

Abstract

Penelitian ini menyelidiki strategi pemasaran PT Mayora Indah Tbk dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif. Sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia, PT Mayora Indah Tbk menghadapi banyak pesaing lokal dan internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi cara-cara dimana bisnis dapat meningkatkan daya saing melalui penerapan strategi pemasaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif  dengan mengumpulkan data dari sumber sekunder seperti dokumen, dan jurnal. Inovasi produk, diversifikasi jalur distribusi, optimalisasi promosi, dan pemanfaatan teknologi digital adalah komponen utama dari strategi pemasaran perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Mayora berhasil mempertahankan posisinya di pasar dengan memperkuat merek produk melalui kampanye promosi yang efektif, membuat produk baru sesuai kebutuhan pelanggan, dan memanfaatkan platform digital untuk memperluas jangkauan pasar. Penemuan ini menunjukkan bahwa untuk terus berkembang di industri yang kompetitif, penting untuk menyesuaikan diri terhadap tren, dinamika pasar dan preferensi berbagai pelanggan.

References

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media." Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kementerian Perindustrian. (2021). Laporan Industri Makanan dan Minuman. Jakarta: Kementerian Perindustrian Republik Indonesia

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Mayora Indah Tbk Annual Report. (2023). PT Mayora Indah Tbk.

Porter, M. E. (1980). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. The Free Press.

Rosenbloom, B. (2012). Marketing Channels: A Management View (8th ed.). Cengage Learning.

Schilling, M. A. (2013). Strategic Management of Technological Innovation (4th ed.). McGraw-Hill/Irwin.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy (13th ed.). Pearson Education.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Salsabila, F. A., Wirianto, A., Sopiani, A., Dwi, M., & Harras, H. (2024). Strategi Pemasaran PT Mayora Indah Tbk Dalam Menghadapi Persaingan Pasar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 641–646. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45401