Strategi Inovasi Produk Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif

Authors

  • Maulana Ahmad Sani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Inovasi, Keunggulan, Kompetitif

Abstract

Kondisi persaingan bisnis yang makin kompetitif dan lingkungan bisnis yang dinamis dan penuh ketidakpastian menuntut perusahaan untuk mencari terobosan baru dan mengimplementasikan strategi yang sesuai dan selaras dengan perubahan lingkungan bisnis. Perusahaan harus mampu menciptakan,  mengeksploitasi,  dan  mencapai  keunggulan kompetitif dengan cara menciptakan nilai–nilai daya saing

perusahaan yang lebih baik dibandingkan para pesaing. Untuk mencapainya, perusahaan harus mampu menerapkan strategi dan nilai–nilai yang berbeda dan tidak dapat ditiru oleh pesaingnya. Salah satu strategi tersebut adalah melalui inovasi. Inovasi merupakan  salah  satu  kunci untuk  dapat  memenangkan persaingan. Dengan melakukan inovasi, perusahaan berharap dapat menciptakan produk yang benar-benar baru atau lain dari yang sebelumnya  atau  membuat  produk  yang merupakan perbaikan dari produk yang telah ada sebelumnya. Dalam mengkonsumsi suatu produk, konsumen tidak hanya sebatas melihat  pada  nilai  atau  fungsi  dari  suatu  produk  yang dibutuhkan,  tetapi  konsumen  juga  memperhatikan  apakah produk yang dipilih memiliki nilai tambah atau kelebihan dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Keinginan inilah yang harus dimengerti oleh produsen sebagai landasan untuk melakukan proses inovasi. Perkembangan inovasi yang berhasil akan  menjadi  strategi  yang  tepat  untuk  mempertahankan kedudukan produk di pasar.

References

Agung, M., & Hendra, H. (2023). Inovasi Produk Dalam Konteks Pemasaran Internasional: Strategi Dan Implementasi. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2523-2528.

Ernawati, E., Mardikaningsih, R., Darmawan, D., & Sinambela, E. A. (2022). Pengembangan Keunggulan Kompetitif UMKM Melalui Strategi Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2).

Mardikaningsih, R. (2023). Strategi inovasi dan pemasaran media sosial untuk meningkatkan keunggulan kompetitif umkm di kota surabaya. Jurnal Baruna Horizon Vol, 6(2).

Prakosa, Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja perusahaan untuk mencapai keunggulan Bersaing Berkelanjutan, Jurnal Marketing, Vol 2 No. 1. 2006.

Rompis, J. E. H., Mananeke, L., & Lintong, D. C. A. (2022). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran (Studi kasus usaha kerajinan kayu di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Sitaro). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 447-457.

Safri, N. A., & Pudjoprastyono, H. (2023). Analisis Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Produk Rabbani Store di Surabaya. Widya Manajemen, 5(1), 32-42.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Sani, M. A. (2024). Strategi Inovasi Produk Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 1274–1278. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46333