PENGEMBANGAN INOVASI SOSIAL UNTUK PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA GLOBALISASI
Keywords:
inovasi sosial, kualitas hidup, masyarakat, tantangan, peluang, globalisasi.Abstract
Pengembangan inovasi sosial menjadi salah satu strategi penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di era globalisasi. Era ini ditandai dengan perubahan cepat dalam teknologi, informasi, dan interaksi sosial, yang berpotensi memperburuk ketimpangan ekonomi dan sosial. Inovasi sosial menawarkan solusi kreatif untuk tantangan tersebut, dengan pendekatan yang memberdayakan komunitas dan memanfaatkan sumber daya secara efektif. Namun, implementasinya menghadapi berbagai tantangan, seperti ketidakpastian ekonomi, perbedaan budaya, dan resistensi terhadap perubahan. Di sisi lain, globalisasi juga membuka peluang baru, seperti akses luas terhadap teknologi informasi dan peningkatan kesadaran sosial, yang mendukung kolaborasi antara pemangku kepentingan. Melalui pemanfaatan teknologi dan jejaring sosial, masyarakat dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, memperkuat solidaritas. Artikel ini membahas peran inovasi sosial dalam meningkatkan kualitas hidup, serta tantangan dan peluang yang dihadapi, dengan tujuan memberikan wawasan untuk pengembangan strategi inovasi sosial yang lebih efektif dan berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat.).
References
Mulgan, G. (2006). "The Process of Social Innovation." Innovations: Technology, Governance, Globalization, 1(2), 145-162.
Artikel ini membahas konsep dan pendekatan sosial dalam inovasi serta bagaimana inovasi sosial dapat diterapkan untuk mengatasi berbagai masalah di masyarakat.
Phills, J. A., Deiglmeier, K., & Miller, D. T. (2008). "Rediscovering Social Innovation." Stanford Social Innovation Review, 6(4), 34-43.
Artikel ini menawarkan pengertian inovasi sosial dan membahas bagaimana inovasi tersebut dapat diintegrasikan ke dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di era modern.
Murray, R., Caulier-Grice, J., & Mulgan, G. (2010). The Open Book of Social Innovation. London: The Young Foundation & NESTA.
Buku ini menjelaskan tentang berbagai bentuk dan contoh inovasi sosial yang telah diterapkan di berbagai negara, termasuk tantangan dan peluang yang dihadapi dalam pengembangannya.
Westley, F., Zimmerman, B., & Patton, M. Q. (2007). Getting to Maybe: How the World Is Changed. Toronto: Random House Canada.
Buku ini berfokus pada bagaimana inovasi sosial dapat membawa perubahan yang signifikan dalam skala besar, serta peran berbagai aktor dalam proses perubahan tersebut.
Mulgan, G. (2019). Social Innovation: How Societies Find the Power to Change. Bristol: Policy Press.
Buku ini menjelaskan bagaimana inovasi sosial menjadi pendorong perubahan sosial dalam berbagai konteks, terutama di era globalisasi, dan bagaimana masyarakat dapat beradaptasi dengan perubahan ini.Leadbeater, C. (2007). Social Enterprise and Social Innovation: Strategies for the Next Ten Years. London: Cabinet Office.
Buku ini membahas strategi-strategi yang diperlukan untuk mengembangkan kewirausahaan sosial dan inovasi sosial di tengah perkembangan global.
Bornstein, D. (2004). How to Change the World: Social Entrepreneurs and the Power of New Ideas. Oxford: Oxford University Press.
Buku ini memberikan wawasan tentang peran pengusaha sosial dalam menciptakan inovasi yang berdampak besar terhadap masyarakat di berbagai belahan dunia.
Nicholls, A.,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.