Strategi Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Manajemen di Era Digital

Authors

  • Dini Purnamasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Rendi Saputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Sabrina Amandatya Saidi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Soft Skills, Mahasiswa, Manajemen, Strategi Pengembangan, Pendidikan Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengembangan soft skills yang efektif bagi mahasiswa manajemen dalam konteks digital. Metode yang digunakan meliputi studi kasus dan wawancara mendalam dengan mahasiswa dan dosen dari program studi manajemen di beberapa universitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran, seperti platform kolaboratif dan simulasi virtual, dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan kerja sama tim. Selain itu, kegiatan berbasis proyek yang melibatkan pemecahan masalah nyata juga terbukti efektif dalam meningkatkan soft skills mahasiswa. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum pendidikan tinggi yang lebih relevan dan responsif terhadap kebutuhan industri di era digital.

References

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century:Skills for the Future. 83(2), 39-43. doi:https://doi.org/10.1080/00098650903586147

Dyer, J. &. (2019). Integrating Soft Skills into Business Education: A Review of Current Practices. 2(1), 45-60. Retrieved 09 30, 2024

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. New York: Bantam Books. Retrieved 09 30, 2024

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Purnamasari, D., Saputra, R., & Saidi, S. A. (2022). Strategi Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Manajemen di Era Digital . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(2), 164–167. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45438