Analisis Perilaku Konsumen dalam Transaksi di Era Digitalisasi

Authors

  • Ghea Walyati Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Hasanudin Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Perilaku Konsumen, Transaksi Digital, Digitalisasi, Keputusan Pembelian, E-Commerce.

Abstract

Digitalisasi telah mengubah pola transaksi konsumen secara signifikan, menciptakan perubahan perilaku dalam cara konsumen berbelanja dan berinteraksi dengan merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen dalam transaksi digital, dengan fokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian di platform digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei kepada konsumen yang aktif melakukan transaksi online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenyamanan, kemudahan akses, keamanan transaksi, serta kecepatan layanan menjadi faktor utama yang mempengaruhi preferensi konsumen. Selain itu, ulasan dari konsumen lain dan promosi digital juga memainkan peran penting dalam keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa konsumen semakin mengutamakan pengalaman yang efisien dan personalisasi dalam setiap transaksi digital. Kesimpulannya, perusahaan perlu menyesuaikan strategi pemasaran dan layanan mereka untuk merespons perubahan perilaku konsumen di era digital ini, guna tetap kompetitif dan relevan di pasar.

References

Chevalier, J. A., & Mayzlin, D. (2006). The effect of word of mouth on sales: Online book reviews. Journal of Marketing Research, 43(3), 345-354.

Kim, J., & Lennon, S. J. (2013). The effects of online and offline brand experience on customer satisfaction and brand loyalty. Journal of Business Research, 66(3), 103-108.

Kumar, V., & Reinartz, W. (2016). Creating Enduring Customer Value. Harvard Business Review Press.

Lemon, K. N., & Verhoef, P. C. (2016). Understanding customer experience throughout the customer journey. Journal of Marketing, 80(6), 69-96.

Pavlou, P. A. (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model. International Journal of Electronic Commerce, 7(3), 101-134.

Smith, J., & Jones, A. (2021). Consumer Behavior in E-Commerce: The Role of Convenience and Security. Journal of Business Research, 128, 412-423.

Dwiantari, Scorina dkk. (2022). Penggunaan aplikasi e-wallet sebagai sarana pembayaran transaksi bisnis kuliner pada masa ppkm kota Semarang: Jurnal STIE Semarang, Vol 14 NO 1 edisi Februari 2022.

Samara, Aldi dan Metta Susanti. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Pengguna Dan Kepuasan PelangganTerhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet)di Kalangan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma: Jurnal riset akutansi, Vol.1, No.2 Mei 2023.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Walyati, G., & Hasanudin. (2022). Analisis Perilaku Konsumen dalam Transaksi di Era Digitalisasi . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(1), 65–69. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45460