Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Yohanes Kurniawan Saputro Universitas Pamulang
  • Kelfin Wisman Gulo Universitas Pamulang

Keywords:

Digital Marketing, Brand Awareness, Keputusan Pembelian, Konsumen, Era Digital

Abstract

Dalam era digital saat ini, kemajuan teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia, memberikan manfaat positif dan kemudahan yang signifikan. Seiring dengan hal tersebut, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia terus meningkat, menurut data dari KEMP (2022), mencapai 191 juta orang pada Januari 2022, naik 12,35% dari tahun sebelumnya. Persentase pengguna sosial media seperti Instagram dan Facebook mencapai 84,8% dan 81,3% secara berturut-turut, sementara pengguna TikTok dan Telegram mencapai 63,1% dan 62,8%. Fenomena ini menunjukkan bahwa penggunaan digital marketing berpotensi meningkatkan niat pembelian. Digital marketing, yang semakin penting dalam era bisnis yang berkembang pesat, terutama melalui sosial media, memainkan peran kunci dalam mendukung keterlibatan pelanggan. Keterlibatan konsumen, bersama dengan brand awareness, memengaruhi keputusan pembelian. Strategi digital marketing yang tepat dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dengan merek dan meningkatkan daya tarik merek tersebut. Brand awareness, di sisi lain, mempengaruhi keputusan pembelian dengan memicu kesadaran dan kepercayaan konsumen terhadap suatu merek. Penelitian ini akan membahas pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk, dengan menggali interaksi antara faktor-faktor tersebut. Pentingnya membangun brand awareness yang kuat dan strategi digital marketing yang efektif dalam mencapai tujuan penjualan optimal tidak dapat dipandang sebelah mata.

Author Biographies

Yohanes Kurniawan Saputro, Universitas Pamulang

Mahasiswa

Kelfin Wisman Gulo, Universitas Pamulang

Mahasiswa

References

Amelia, F., Wasiat, I., & Bertuah, E. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Social Media Influencer Terhadap Niat Beli Produk Fashion Pada Generasi Milenial Melalui Customer Online Review Di Instagram [The Influence Of Digital Marketing, Social Media Influencers On Intention To Buy Fashion Products In. Sinomika Journal, 1, 513–532. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.295

Angelyn, & Kodrat, D. S. (2021). The Effect Of Social Media Marketing On Purchase Decision With Brand Awareness As Mediation On Haroo Table. International Journal Of Review Management Business And Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 16–24. https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i1.1946

Antarizkia, R., & Arif, M. E. (2022). The Influence Of Electronic Word Of Mouth To Purchase Intention. E Proceeding Of Management, 4(2), 22-33. http://www.jisb.tbs.tu.ac.th/wp-content/uploads/2018/06/v.4no1_jisb61_2darin_doi.pdf

Bimo, A., Putra, S., & Melysa. (2019). Application Of Digital Marketing (Social Media And Email Marketing) And Its Impact On Customer Engagement In Purchase Intention: A Case Study At PT. Soltius Indonesia. Proceedings Of 2019 International Conference On Information Management And Technology, Icimtech 2019, 1(August), 109–114. https://doi.org/10.1109/icimtech.2019.8843763

Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409–418. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147

Moncey, A. A., & Baskaran, D. K. (2020). Digital Marketing Analytics: Building Brand Awareness And Loyalty In UAE. 2020 IEEE International Conference On Technology Management, Operations And Decisions, ICTMOD 2020, 1–8. https://doi.org/10.1109/ictmod49425.2020.9380579

Nabila, W. K., Negoro, D. A., & Unggul, E. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Customer Engagement, dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Fashion Lokal Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 20207–20218.

Nurhayat, Z. H., & Ariani, D. W. (2023). Pengaruh Brand Awareness, Digital Marketing, dan Brand Equity Terhadap Niat Beli Konsumen Sepatu Nike. Innovative: Journal Of Social Science …, 3, 13176–13184.

Samantha, R., & Almalik, D. (2019). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia. Tjyybjb.Ac.Cn, 3(2), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Satria, R., & A.R., H. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel Cabang Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 160–171. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.361

Sherly, S., Halim, F., & Sudirman, A. (2020). The Role Of Social Media In Increasing Market Share Of Msme Products In Pematangsiantar City. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.34006/jmbi.v9i2.206

Zheng, R., Li, Z., & Na, S. (2022). How Customer Engagement In The Live-Streaming Affects Purchase Intention And Customer Acquisition, E-Tailer’s Perspective. Journal Of Retailing And Consumer Services, 68(November 2021), 103015. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.103015

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Saputro, Y. K., & Gulo, K. W. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1511–1517. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40693