Pengaruh Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Pada Mahasiswa Unpam

Authors

  • Kamila Wati Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Muhamad Idham Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Loyalitas, Merek, Keputusan Pembelian, Konsumen.

Abstract

Merek penting untuk pasar konsumen dikarenakan mampu menghubungkan antara konsumen dan perusahaan, kemudian konsumen dapat mengembangkan loyalitas terhadap merek. Bagi para konsumen perlu untuk mengetahui tentang info-info dari produk yang diminatinya, timbulnya keputusan dalam melakukan pembelian dan bahkan ketika konsumen ingin membeli produk tertentu, merek merupakan faktor yang paling tinggi dalam pengambilan keputusan pembelian. Keputusan pembelian dapat dikatakan sebagai respons dari konsumen terhadap produk yang diinginkannya dan memberikan kepuasan kepada pemakainya serta hasil yang memiliki nilai guna yang positif bagi penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh loyalitas merek terhadap Keputusan pembelian Pizza Hut pada mahasiswa Universitas Pamulang. Pada penelitian ini menggunakan data primer ataupun sekunder serta survei yang dilakukan dengan pengambilan data langsung ke lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Loyalitas Merek sangat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. Hal ini dinyatakan bahwa nilai T < 0.5 yaitu 0.16382, maka Ho ditolak. Loyalitas Merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebuah produk sehingga hipotesis pertama diterima.

References

Arianto, Nurmin. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran, Vol 3, No 2.

Butarbutar, Marisi. (2021). Brand Loyalty dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, Vol 4, No 1.

Ella, Febriyanti. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Keputusan Pembelian Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Lion Air. Jurnal Hopitality dan Pariwisata, Vol 6, No 1.

Ibnu, Febrianur. (2023). Strategi Membangun Loyalitas Merek. Bandung: Widina Media Utama.

Martianto, Ishma Alfisa. (2023). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 7 No. 3.

Miati, Iis. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). JURNAL ABIWARA Vol. 1, No. 2.

Nurina, Malva. (2024). Pengaruh Merek dan Pemasaran Getok Tular Terhadap Loyalitas Konsumen: Keputusan Pembelian Terhadap Variabel Moderasi. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, Vol.21 No.1.

Rizaldy, Mochammad. (2023). Manajemen Pemasaran (Marketing Mix dan Loyalitas). Porwokerto:Amerta Media.

Rukmayanti. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis Volume 12, Nomor 2.

Sari. (2023). Brand Loyalty. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), Vol 7, Issue 1.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Wati, K., & Idham, M. (2024). Pengaruh Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Pada Mahasiswa Unpam. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1210–1216. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40491