Keberhasilan Kampanye Influencer Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Produk Kecantikan Skintific
Keywords:
Pemasaran Influencer, Kesadaran Merek, TikTok, Brand Love, SkintificAbstract
Penelitian ini melihat seberapa efektif kampanye influencer marketing Skintific dalam meningkatkan kesadaran merek dan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli barang. Skintific, sebuah merek perawatan kulit, menggunakan strategi pemasaran berbasis konten digital dan bekerja sama dengan influencer seperti Tasya Farasya di TikTok. Penelitian ini menyelidiki manfaat penggunaan konten edukatif, live shopping, dan program afiliasi terhadap loyalitas pelanggan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan Data sekunder diperoleh dari literatur yang terkait. Penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing secara signifikan meningkatkan Brand Love dan pengetahuan tentang merek, terutama di kalangan Gen Z, yang banyak mengakses internet. Terbukti bahwa pendekatan pemasaran digital yang menggunakan ikatan emosional melalui testimoni influencer dan konten interaktif berhasil menarik konsumen. Hasilnya menunjukkan bahwa industri kecantikan memerlukan inovasi berkelanjutan dan penggunaan teknologi digital untuk mempertahankan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.
References
Andata, C. P., & Iflah, I. (2022). Pengaruh Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand Awareness “Somethinc” Pada Pengguna Instagram Di JABODETABEK. Jurnal Komunikasi, 13(2), 84–92. https://doi.org/10.31294/jkom.v13i2.13261
Harnelia, H. (2024). Analisis Sentimen Review Skincare Skintific Dengan Algoritma Support Vector Machine (Svm). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4095
Insania Alfi Mesita, & Agus Wahyudi. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, Dan Perpajakan, 1(3), 141–151. https://doi.org/10.61132/jeap.v1i3.246
Khoyrunnisa, R., Hidayati, N., & Athia, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Implora Di Malang. E – Jurnal Riset Manajemen, 122–130. www.fe.unisma.ac.id
Priya Zenita, B., & Restuti, P. (2024). Kepercayaan Konsumen terhadap Produk Skincare Melalui Endorsement dari Influencer Muslim Purchasing Confidence in Skincare Products Through Endorsements from Muslim Influencers. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 5(2), 143–160. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v5i02.1407
Wahyuningtyas, R. S. (2022). Hal 102-111 Cara mengutip. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 102–111.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Habibah Mufidah, Gya Bunga Lestari, Susilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.