Analisis Efektivitas Penggunaan Powerpoint Terhadap Sikap Dan Partisipasi Mahasiswa Universitas Pamulang
Keywords:
PowerPoint, Sikap, PartisipasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penerapan PowerPoint dalam proses pembelajaran, khususnya, peningkatan pemahaman materi di kalangan mahasiswa Universitas Pamulang dan untuk menilai bagaimana keberadaan PowerPoint selama perkuliahan memengaruhi sikap mahasiswa dan apakah mereka merasa lebih termotivasi dan antusias untuk mempelajari mata pelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Data didapatkan melalui kuesioner yang bersangkutan dengan beberapa indikator yaitu tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna dalam penggunaan PowerPoint. Hasil analisis memperlihatkan bahwa nilai rata-rata untuk tepat waktu 4.00, 4.03, 4.13, tepat sasaran 4.15, 4.20, 4.12, dan tepat guna 4.20, 4.40, 4.19, 4.30. Rata-rata dari indikator seluruhnya adalah 1.33 untuk tepat waktu, 1,38 untuk tepat sasaran, dan 1,05 untuk tepat guna. Hasil tersebut menunjukkan bahwa PowerPoint sebagai alat peraga dapat membawa pengaruh yang positif dalam sikap dan peningkatan partisipasi mahasiswa. Penelitian ini diharapkan memberikan referensi bagi para dosen agar dapat memaksimalkan penggunaan PowerPoint sebagai media pembelajaran.
References
Smith, J. (2020). The impact of PowerPoint on student engagement. Journal of Educational Technology, 15(2), 45-60. USA.
Jones, A., & Brown, B. (2019). Interactive presentations: Enhancing participation in higher education. International Journal of Teaching and Learning, 12(1), 25-34. UK.
Lee, C. (2021). Motivation and engagement in digital learning environments. Educational Psychology Review, 18(4), 320-335. Australia.
Wang, D. (2022). Student preferences for teaching methods in higher education. Journal of Higher Education Research, 14(3), 55-70. China.
Gandung, M. (2024). the Influence of Discipline and Work Motivation on Employee Performance. International Journal Multidisciplinary Science, 3(1), 51-58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.