Analisis Peran Electronic Word Of Mouth, Brand Ambassador, Brand Image pada Minat Beli Produk Somethinc di Palembang

Authors

  • Maria Fransisca Sri Sulistyawati Fakultas Bisnis dan Akuntansi, Universitas Katolik Musi Charitas
  • Agustinus Widyartono Fakultas Bisnis dan Akuntansi, Universitas Katolik Musi Charitas
  • Novita Sari Fakultas Bisnis dan Akuntansi, Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i4.30736

Keywords:

Electronic Word of Mouth (EWOM), Brand Ambassador, Brand Image, Buying Interest

Abstract

Riset ini mempunyai tujuan untuk mengetahui analisis pengaruh electronic word of mouth, brand ambassador, brand image pada minat beli produk perawatan Somethinc. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang yang mengikuti akun media sosial online khusus produk Somethinc. Kriteria pengambilan sampel terdapat 93 sampel yang memenuhi kriteria dan menggunakan teknik convenience, yaitu setiap orang yang berkenan menjadi responden dan telah memakai produk Somethinc. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth, brand ambassador, brand image mempunyai pengaruh pada minat beli produk perawatan Somethinc.

References

Cece, I. Sen. (2015). Pengaruh Brand Origin, Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Macbeth di Sogo Galaxy Mall Surabaya. ManajemenKinerja,1(2), 101–110. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/manajemenkinerja/article/view/86

Fauziah, N., & Aziz Mubarok, D. A. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli : Studi Pada Produk Kecantikan. Image : Jurnal Riset Manajemen, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.17509/image.v8i1.22686

Felicia, W., & Sampetua Hariandja, E. (2016). The Influence Of Brand Ambassador On Brand Image And Consumer Purchasing Decision : A Case Of Tous Les Jours In The Influence Of Brand Ambassador On Brand Image And Consumerpurchasing Decision : local or international brands in the market market in Indon. March. https://www.researchgate.net/profile/Evo- Hariandja-

Fitriyani. (2022). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Elektronic Word Of Mouth Dengan Intensi Membeli Online Produk Fashion Pada Mahasiswa. http://repository.radenintan.ac.id/18271/

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Izza, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Skincare Lokal Indonesia. 8.5.2017, 2003–2005. http://repository.untag-sby.ac.id/19819/

Novita, S., Muhamad, S., & Jamalludin, H. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com.ManajemenMagisterDarmajaya. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jmmd/article/view/968

Novita, S, (2022), Pengaruh Brand Ambasador, E-Worm (Electronic Word Of Mouth), Terhadap Minat Beli Produk Somethinc, Skripsi, Unika Musi Charitas Palembang.

Puspa, A., & S.E., M.Si, K. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk MS Glow di Kota Surakarta. 84. http://eprints.ums.ac.id/102002/

Putri, D. E., Sudirman, A., Suganda, A. D., Kartika, R. D., Martini, E., Susilowati, H., ... & Roslan, A. H. (2021). Brand Marketing. Widina Bhakti Persda Bandung. https://books.google.co.id/books?id=YVJFEAAAQBAJ&printsec=frontcove r&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Sandi Fatahillah. (2019). Pengaruh Brand Ambassador,Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Eiger Adventure Di Kota Makassar. 19–21.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis (Edisi 6). Salemba Empat.

Setianingsih, A. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Image Dan Minat Beli Produk Kosmetik E-Commerce Diajukan oleh : Anggriani Setianingsih Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Setiawan, H. (2021). Pengaruh Sikap Individu terhadap Budaya Korea pada Keputusan Pembelian Minat Beli terhadap Produk Merek Kosmetik Korea sebagai Pemediasi. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 1147– 1154. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.393

Shintya, D. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik (Studi Kasus Peminat Kosmetik Maybelline). http://repository.unpas.ac.id/41898/

Downloads

Published

2023-07-16

How to Cite

Sulistyawati, M. F. S., Widyartono, A., & Sari, N. (2023). Analisis Peran Electronic Word Of Mouth, Brand Ambassador, Brand Image pada Minat Beli Produk Somethinc di Palembang. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 422–430. https://doi.org/10.32493/drb.v6i4.30736

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.