Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sandal Eiger pada E-Commerce Shopee

Authors

  • A Lan Universitas Putera Batam
  • Yvonne Wangdra Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v5i2.2023.71-83.31483

Keywords:

Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Promosi

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji bagaimana pengaruh dari citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sandal Eiger pada e-commerce Shopee. Penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini sebagai metode penelitian. Populasi dipergunakan konsumen yang membeli pada Eiger Adventure Official Store di e-commerce Shopee pada tahun 2023 berjumlah 12.953. Rumus Slovin digunakan untuk menghasilkan ukuran sampel 388 responden dengan pendekatan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan model regresi linier berganda, dengan menguji uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Pengujian regresi linier berganda mengungkapkan bahwa citra merek dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 20,6%. Kualitas produk dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 22,9%. Promosi dapat memberikan peningkatan keputusan pembelian sebesar 20,6%. Pada pengujian koefisien determinasi (R2) keputusan pembelian dapat dijelaskan dengan besaran 58,4% oleh variabel citra merek, kualitas produk dan promosi. Temuan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sandal Eiger pada e-commerce Shopee.

References

Anggraenia, T. C., Widjayanti, W., & Puspita, I. B. A. (2023). Pengaruh Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Shopee. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i1.428

Difa, O., Husnan, M., Pristian, R., Astuti, F., & Khoirotunnisa, A. U. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa

Firmansyah, F., & Jarror, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo. Manajerial, 8(03), 247. https://doi.org/10.30587/manajerial.v8i03.2547

Halimi, N., Hafidzi, A. H., & Nursaidah. (2023). Pengaruh Fanatisme, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Di Lippo Plaza Mall Jember. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 2(2), 183–193.

Maulana, C. A., & Maskur, A. (2023). Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 1–23.

Meme, R., & Byre, R. O. (2020). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita. Analisis, 10(2), 1–13. https://doi.org/10.37478/als.v10i2.686

Nabila, S. I., & Fajar, P. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 11(10).

Purba, C. W., & Heryenzus, H. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Di Shopee Pada Karyawan Di Kota Batam. Jesya, 6(1), 316–327. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.879

Sarjita. (2019). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. JBMA, 4(2), 80–93. https://doi.org/10.56589/keizai.v3i2.292

Saunders, M. N. ., Lewis, P., & Thornhill, A. (2019). Research Methods For Busines Student. https://doi.org/Pearson

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business. https://doi.org/Wiley

Tolan, M. S., Pelleng, F. A. O., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita ( Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado ). Journal of Productivity, 2(5), 360–364.

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.

Downloads

Published

2023-08-27

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.