Analisis Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko Mainan Arya Accesories

Authors

  • Mohammad Zakaria Wardana Universitas Pamulang
  • Maulana Lutfi Universitas Pamulang
  • Farhan Akhirman Universitas Pamulang
  • Hidayatul Mu'arifin Universitas Pamulang
  • Ichwan Nugroho Universitas Pamulang
  • Muhammad Arief Universitas Pamulang
  • Irwan Setiawan Universitas Pamulang
  • Jakariah Jakariah Universitas Pamulang

Keywords:

Bauran Pemaran, Volume Penjulan.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran Toko Mainan Arya Accesories Pamulang Tangerang Selatan dan untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran Toko Mainan Arya Accesories Pamulang Tangerang Selatan untuk meningkatkan penjualan. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai keadaan saat ini. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen utama, partisipan penuh, dan pengumpul data, sedangkan alat lainnya berfungsi sebagai pendukung dan teknik pengumpulan data yang digunakan.Pada metode kualitatif adalah wawancara, observasi dan catatan. Berdasarkan hasil penelusuran yang diperoleh, secara umum produk Toko Mainan Arya Accesories Ular Tangga Berdoa dan Baitul Maal mempunyai pertumbuhan penjualan yang baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu jika kita menggabungkan kedua produk produksi Toko Mainan Arya Accesories, dimana pada tahun 2018 terjadi pertumbuhan yang sangat signifikan. Peningkatan penjualan. Dari peningkatan kuantitas penjualan diketahui rata-rata kuantitas penjualan ular tangga doa Toko Mainan Arya Accesories  Pamulang Tangsel dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2018 sebanyak 1.020,4 unit,  penjualan terbesar pada tahun 2018 sebanyak 1.303 produk mainan edukasi islami Toko Mainan Arya Accesories. Keberhasilan Toko Mainan Arya Accesories dalam meningkatkan penjualan dicapai melalui penerapan strategi bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P, bauran pemasaran tersebut meliputi produk, harga, promosi dan tempat.

References

Alma, Buchari. 2007.Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung. CV. Alfabeta.

Anggora, M. Toha,dkk., 2007. Metode Penelitian. Jakarta. Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Cooper, Donald R., dan Pamela, S. Schindler. 2006. Metode Riset Bisnis. Volume 1. Jakarta. PT Media Global Edikasi.

Effendi. 2010. Asas Manajemen Pemasaran.Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pema- saran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta. PT Indeks.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta. Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta. PT Indeks.

Kotler, Philip, AB. Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Buku 2, Jakarta. Salemba Empat.

Kotler, Philip, dkk. 2004. Manajemen Pema- saran dengan pemasaran efektikf dan Pofitable. Cetakan Kedua. Jakarta. Grame- dia Pusat Utama.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Edisi Tiga Belas. Jakarta. Erlangga.

Machfoedz. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta. CakraIlmu.

Margono,S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Mulyong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosda- karya.

Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Stanton. 2005. Prinsip Pemasaran. Cetakan Ketujuh. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sunjoyo dkk... 2013. Aplikasi SPSS untuk SMART Riset. Bandung, Alfabeta.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta. Change Publication.

Suparyanto, RW dan Rosad.2015. Manajemen Pemasaran. Bogor. IN MEDIA- Anggota IKAPI.

Swastha, Basu, DH, Irawan MBA. 2005. Mana- jemen Pemasaran Modern. Yogyakarta. Liberty

Tjiptono, Fandydan Gregorius Chandra. 2005. Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta. ANDI.

Tjiptono. 2007. Bauran Pemasaran Jasa. Jawa Timur. Bayu Media.

Umar. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Widiyanto, Mikha Agus. 2013. Statistika Te- rapan. Jakarta. PT Elex Media Kompu- tindo

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Wardana, M. Z., Lutfi, M., Akhirman, F., Mu'arifin, H., Nugroho, I., Arief, M., … Jakariah, J. (2024). Analisis Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko Mainan Arya Accesories. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 59–68. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35137