Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Warung Sate Taichan Gandul
Keywords:
Strategi Pemasaran, Penjualan, Segmenting, Targeting, Positioning, Bauran Pemasaran, Analisis SWOTAbstract
Di era modern sekarang, banyak sekali bisnis – bisnis kuliner yang berkembang pesat, sate salah satu makanan di bidang kuliner yang mudah untuk dinikmati kali ini saya ingin meneliti tentang analisi Analisi “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Warung Sate Taichan gandul” Warung Sate Taichan Gandul merupakan salah satu bentuk bisnis tradisional yang berperan penting dalam memenuhi kebutuhan kuliner masyarakat. Dalam konteks persaingan yang semakin ketat, Warung Sate Taichan Gandul perlu melakukan analisis strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan ruang pasar mereka. Objek dalam penelitian ini adalah Warung Sate Taichan Gandul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran pada Sate Taichan Gandul dalam meningkatkan penjualan melalui segmenting, targeting, and positioning (STP) dan marketing mix. Fokus masalah dalam penelitian ini terkait kendala yang dihadapi, penerapan dan perkembangan volume penjualan dengan strategi pemasaran. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu SWOT analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran efektif dalam meningkatkan volume penjualan dan melalui SWOT analysis dapat diketahui adanya pilihan strategi untuk meningkatkan penjualan.
References
Afandi, P. (2018). Manajemen sumber daya manusia (Teori, konsep dan indikator). Riau: Zanafa Publishing, 3.
Effendy, A. A. (2019, Februari 21). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Open Journal System UNPAM (Universitas Pamulang).
Elburdah, R. P., Haryoko, U. B., Septiani, F., Maduningtias, L., & Krisyanto, E. (2020). Penyuluhan Manajemen Pemasaran yang Strategis dalam Pengembangan Yayasan Nurul Ikhsan. Dedikasi PKM, 1(1), 121-126.
Gitosudarmo, I. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE YOGYAKARTA.
Hakim, A. A. (2023). Strateegi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Kedai Kopi Siliwangi Juanda 8 Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, Vol 11 No 1.
Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1).
Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1-12.
Nursyirwan, V. I., Ardaninggar, S. S., Septiningrum, L. D., & Rani, D. (2019). Peningkatan Volume Penjualan Melalui Pelatihan Materi Dan Praktik Digital Marketing Bagi Para Pelaku Usaha Kecil Mikro-Pertanian Kota Depok (UKM-P).
Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 112-121.
Wawolumaya, E. D., Tampi, D. L., & Rogahang, J. J. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Rose Collection Manado. Productivity, 1(2), 134-141.
Wijayanthi, I. A. T., & Savitri, D. M. H. D. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Café Haagendazs Beachwalk Kuta. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 13(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.