Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ppada Laundry “Bunda”

Authors

  • Hana Sari Pebriyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Aslam Abu Rafi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Pemasaran, Segmenting, Targeting, Positioning, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT

Abstract

Laundry bunda merupakan salah satu bentuk bisnis skala rumahan yang saat ini banyak diminati kalangan para pekerja kantoran, mahasiswa dls. usaha laundry rumahan saat ini sangat marak, hampir disetiap jalan dapat ditemukan banyaknya usaha laundry dalam konteks persaingan yang semakin ketat, akan tetapi jika usaha laundry asal-asalan dalam mengelola usaha ini, maka usaha tersebut dapat gulung tikar lebih cepat. Laundry bunda perlu melakukan analisis strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan ruang pasar usaha mereka. Objek dalam penelitian ini adalah Laundry bunda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran pada usaha laundry dalam meningkatkan penjualan melalui segmenting, targeting, and positioning (STP) dan marketing mix. Fokus masalah dalam penelitian ini terkait kendala yang dihadapi, penerapan dan perkembangan volume penjualan dengan strategi pemasaran. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu SWOT analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran efektif dalam meningkatkan volume penjualan dan melalui SWOT analysis dapat diketahui adanya pilihan strategi untuk meningkatkan penjualan.

 

References

Nurjanah, N. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Usaha Laundry Bunda. Jurnal Mahasiswa, 1(1).

Zekki, M., & Mathori, M. (2017). Pengaruh Promosi Berupa Potongan Harga Terhadap Volume Penjualan Di Top Laudry And Dry Cleaning (Doctoral Dissertation, Stie Widya Wiwaha).

Sutarni, S., Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2018). Penerapan Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm) Dalam Implementasi Strategi Pemasaran Pada Zaza Laundry Semarang. Journal Of Management, 4(4).

Pambudi, S. (2020). Pengaruh Tempat Dan Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Jasa Laundry Simply Fresh Di Palangka Raya (Doctoral Dissertation, Iain Palangka Raya).

Santika, Y., Muhliyanto, M., Bela, B., Mirdawati, M., & Addin, M. M. (2024). Analysis Of Break Even Point (Bep) At Khair Laundry In Pontianak City. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 3(1), 63-68.

Wahyudin, M., & Supriyatno, E. (2022). Implementasi Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Elbe Laundry Di Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam. Pambudi, S. (2020). Pengaruh Tempat Dan Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Jasa Laundry Simply Fresh Di Palangka Raya (Doctoral Dissertation, Iain Palangka Raya).

Adyatrin , N., Flamela, M., Khairunnisa , F., Pratama, G. D., & Ahidin, U. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Humalnis (Humalnities,Malnalgement Alnd Science Proceedings), Volume 3 No 2. Dipetik Oktober 10, 2023

Aulia, N., & Nabila , V. S. (2022, July 12). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan ( Studi Kasus Pada Pt Indofoof. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, Dan Manajemen ( Jikem), Vol 2 , No 2.

Effendy, A. A. (2019, Februari 21). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Open Journal System Unpam (Universitas Pamulang).

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Pebriyani, H. S., & Rafi, A. A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ppada Laundry “Bunda”. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 2129–2135. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/41128