Analisis Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Toko Mini Bag’s Tigaraksa Tangerang

Authors

  • Annisa Anggraini Universitas Pamulang
  • Annisa Mulia Lestari Universitas Pamulang
  • Celvy Lydiatifa Universitas Pamulang
  • Joko Prasetiyo Universitas Pamulang
  • Kamsidik Kamsidik Universitas Pamulang
  • Kusumawati Kusumawati Universitas Pamulang
  • Lia Ira Sahara Universitas Pamulang
  • Lismiatun Lismiatun Universitas Pamulang

Keywords:

Analisis Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Toko Mini Bag's Di Tigaraksa Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan responden menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT, langkah pertama dengan membuat matriks IFAS dan EFAS dengan memberikan pembobotan untuk menemukan skor total dari variabel IFAS dan EFAS. Langkah kedua merumuskan strategi yaitu SO, WO, ST, dan WT. Hasil penelitian berdasarkan analisis SWOT diatas diperoleh bahwa di dalam matriks IFAS menunjukkan faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 0,80. Hal ini mengindikasikan bahwa Toko Mini Bag's berada pada posisi internal yang begitu kuat. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan merespon peluang yang ada dengan cara yang luar biasa dan menghindari ancaman-ancaman di pasar industrinya. Adapun dalam diagram Cartesius ditunjukkan bahwa Toko Mini Bag's berada pada kuadran 1, dimana kuadran tersebut merupakan setuasi yang menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Orientied Strategy), dengan penerapan GOS tersebut perusahaan dapat memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk merebut peluang yang ada sehingga perusahaan dapat menyeimbangi pesaing lain yang sama bergerak dalam industri ini. Setelah menggandengkan kekuatan dengan peluang atau strategi SO, maka diperoleh faktor kekuatan yang mesti dipertahankan untuk mampu mengambil peluang yang ada. Penggandengan strategi ST menunjukkan bahwa perusahaan harus memaksimalkan kekuatan untuk mengatasi ancaman yang ada. Strategi WO, memanfaatkan peluang yang ada dengan meminimalkan kelemahan perusahaan. Serta strategi WT yang mengharuskan perusahaan untuk dapat meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman.

References

David, F. (2007). Strategic Management: Concepts and Cases. 11th Edition. Pearson Prentice Hall.

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases (16th ed.). Global Edition. Pearson Education Limited.

Effendy, A. A. (2019, Februari). Analisis Bauran Pemasaran DalamMeningkatkan Volume.JurnalIlmiah Feasible: Bisnis, Kewirausahaan& Koperasi, Vol. 1, No. 1, 79-95.

Enaen, G. C., Rogahang, J. J., & Walangitan, O. F. (2023). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Usai Terdampak Covid-19 (Suatu Studi Pada Pt. Toa Galva Prima Karya). Productivity,Vol. 4 No. 3, 421-428.

Hill, C. W., Jones, G. R., & Schilling, M. A. (2014). Strategic Management Theory: An Integrated Approach (11th ed.). Cengage Learning.

Salamzadeh, A., and Nouraei, M. (2011). Internal Factor Evaluation in Strategic Management. Procedia Computer Science, Volume 3, 941-946.

Sugiyono. (2017) metode penelitian kualitatif untuk penelitian yang bersifat Eksploratif. Enterpretif, Interaktif dan Konstrutif.

Wariyanti, S., Liberty, & Imtihanah, A. N. (2021, September). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan (Studi Home Industry Roti Al Mustafa di Metro). Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, Vol. 09 Nomor 02, 152-168.

Widhianningrum, P., & Aji, S. (2019, Oktober). Analisis Efektivitas Penerimaan Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal akuntasi, Vol. 3 No. 2, 108-115.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Anggraini, A., Lestari, A. M., Lydiatifa, C., Prasetiyo, J., Kamsidik, K., Kusumawati, K., … Lismiatun, L. (2024). Analisis Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Toko Mini Bag’s Tigaraksa Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 69–76. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35139