Peran Media Sosial Terhadap Sistem Pemasaran Produk UMKM dalam Meningkatkan Penjualan Hoz Pasta Pamulang
Keywords:
Teknologi, Sosial Media, Pemasaran, Penjualan, MasyarakatAbstract
Tujuan Penelitian Literatur ini dengan memahami di era seperti sekarang ini, teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu dan menjadi suatu perkembangan yang perlu diterima oleh semua pihak dan secara tidak langsung juga telah mengubah cara pandang dan cara berinteraksi manusia dalam segala bidang seperti masyarakat dan 'ekonomi'. Basis penggunaan sistem yang awalnya ditujukan untuk menangkap interaksi sosial seperti pertemanan, berbagi foto, serta interaksi kelompok, kini juga banyak digunakan untuk mendukung fasilitas perekonomian seperti pemasaran dan penjualan produk. Pemanfaatan dasar dasar sistem sosial telah banyak digunakan oleh sejumlah pihak mulai dari masyarakat awam, atlet, artis hingga perusahaan yang mempunyai pengikut atau basis penggemar digunakan untuk menarik perhatian dan kepedulian masyarakat global. Kemudahan penerapannya serta biaya yang sangat murah bahkan mungkin gratis juga menjadi salah satu poin mendasar utama yang membuat banyak pihak memanfaatkan sistem media social untuk meningkatkan aktivitas pemasaran dan penjualannya. Memang hal ini berbanding terbalik dengan iklan di media cetak atau televisi yang menghabiskan banyak biaya. Bagi UMKM, hal ini tentu akan sangat memberatkan, apalagi bagi produk yang belum banyak diketahui masyarakat. Kenyamanan dari sudut pandang pengguna juga menjadi perhatian utama, karena pengguna dapat dengan leluasa melihat produk yang dipasarkan tanpa batasan waktu atau gangguan dari berbagai pihak, sehingga menghabiskan banyak waktu untuk menentukan produk yang diinginkan.References
Abid, M. (2021). Belajar Memulai Binis Umkm. Entrepreneurial Mindsets & Skill, 35.
Arianto, B., & Sofyan, H. (2022). Peran Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Kota Serang Banten. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 6(2), 130–145.
Atina, V. Z., Shevalinzi, W. B. A., & Nurdin, A. (2021). Pemanfaatan teknologi digital marketing pada pelaku UMKM dalam upaya meningkatkan omset penjualan. Prosiding Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan, e-ISSN, 1217–2747.
Eko, M. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN â€Veteran†Yogyakarta Press.
Firdaus, F., & Fahrizal, F. (2021). Penerapan Media Sosial bagi Peningkatan Kinerja UMKM di Kota Jambi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 1–10.
Kaplan, A. M. (2018). Social Media, Definition, and History. In R. Alhajj & J. Rokne (Eds.), Encyclopedia of Social Network Analysis and Mining (pp. 2662–2665).
Nursansini, D. A., & Armiani, A. (2024). PERAN MEDIA SOSIAL MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI NTB. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(1), 76-86
Ong, Danny (2020). Analisa Penggunaan Sistem Sosial Media Terhadap Dampak Pemasaran Penjualan Produk Pada Umkm. Respati, 15(2), 26, ISSN 2580-3891, Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta,
Paivi, J., & Back, A. (2017). How Researchers Use Social Media to Promote their Research and Network with Industry. Technology Innovation Management Review, 7(8), 32–39.
Pranoto, HI (2023). Peran Signifikan Media Sosial Terhadap Pemasaran Produk Kemasan UMKM Pada Daerah Karawang. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, journal.amikveteran.ac.id,
Purwidiantoro Moch Hari Dkk, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM)â€, dalam Jurnal, EKA CIDA. Vol. 1 No. 1, Maret 2016.
Ramadhani, S. E., Supangkat, D. A., & Febrianita, R. (2022). Pemanfaatan Instagram untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 3(1), 47–56.
Sujarweni, V. W. (2015). Sistem Akuntansi. Pustaka Baru Press.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.
Widayati, W., & Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 1–20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aliffaldi Agung Pramudya, Sri Febi Rahmawatie, Taupiq Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.