Strategi Pemasaran Inovatif Untuk Menghadapi Tantangan Persaingan UMKM Pada Warung Nasi Jeruk “Ayah”
Keywords:
Strategi pemasaran, inovasi, UMKM, warung nasi jeruk, media sosial, influencer, teknologi.Abstract
Salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menghadapi ketatnya persaingan di industri pangan adalah stand nasi jeruk “Ayah”. Artikel ini mengeksplorasi teknik pemasaran kreatif yang dapat membantu stand nasi jeruk "Ayah" memenangkan pelanggan dalam menghadapi persaingan. Sebuah studi kasus dengan wawancara langsung dan observasi kios adalah metodologi penelitian yang digunakan. Temuan studi ini menunjukkan bahwa teknik pemasaran yang kreatif, seperti memanfaatkan media sosial, bermitra dengan influencer regional, dan mengintegrasikan teknologi ke dalam dukungan pelanggan, dapat meningkatkan daya saing kedai nasi jeruk “Ayah” di pasar yang ramai.
References
Adyatrin , N., Flamela, M., Khairunnisa , F., Pratama, G. D., & Ahidin, U. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. HUMALNIS (Humalnities,Malnalgement alnd Science Proceedings), Volume 3 No 2. Dipetik Oktober 10, 2023
Aulia, N., & Nabila , V. S. (2022, July 12). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan ( Studi Kasus Pada PT Indofoof. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, dan Manajemen ( JIKEM), Vol 2 , No 2.
Effendy, A. A. (2019, Februari 21). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Open Journal System UNPAM (Universitas Pamulang).
Hairudin, A,. & Fatmawati, F. (2020). Strategi Pemasaran Inovatif untuk meningkatkan Daya Saing UMKM: Studi Kasus Pada Warung Nasi Jeruk di Kota Semaran. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 133-148
Hakim, A. A. (2023). Strateegi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Kedai Kopi Siliwangi Juanda 8 Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, Vol 11 No 1.
Indriani, D., & Rahayu, R. (2019). Implementasi Strategi Pemasaran Inovatif dalam Meningkatkan Pangsa Pasar UMKM: Studi Kasus pada Warung Nasi Jeruk di Surakarta. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 21(2), 91-102
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran (Pertama ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Mustafar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Manajemen Pemasaran ) (Pertama ed.). Tangerang: Media Sains Indonesia.
Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT (dua puluh ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Santoso, A., & Putra, R. (2018). Strategi Pemasaran Inovatif dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM: Studi Kasus pada Warung Nasi Jeruk di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5(1), 45-48
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Swastha, B. (2020). Manajemen Penjualan (Ketiga ed.). Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.
Tjahjaningsih, Endang dan Soliha. (2015). Manajemen Pemasaran Tinjauan Teoritis Serta Riset Pemasaran. Semarang: Universitas Stikubank Semarang.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Empat ed.). Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Wirawan, A., & Susanto, A. (2017). Inovasi Pemasaran dan Strategi Pengembangan Produk pada Warung Nasi Jeruk. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 23-26
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.