Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Warung Kelontong “Mama Dio”

Authors

  • Afdhal Rafif Sayyidi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Romi Hermawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Pemasaran, Penjualan, Analisis SWOT

Abstract

Warung kelontong "Mama Dio" merupakan salah satu warung kelontong yang beroperasi di daerah perkotaan dengan persaingan pasar yang tinggi.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan volume penjualan pada warung kelontong "Mama Dio". Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan pemilik warung dan observasi langsung di lokasi. Alat analisis yang digunakan yaitu SWOT analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warung kelontong "Mama Dio" menerapkan berbagai strategi pemasaran, termasuk penempatan produk yang strategis, promosi melalui media sosial, dan pelayanan pelanggan yang personal. Selain itu, kerjasama dengan pemasok lokal juga menjadi salah satu strategi yang efektif. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti persaingan harga dari warung kelontong sekitar dan perubahan preferensi konsumen. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pemilik warung kelontong dalam mengoptimalkan strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pengembangan strategi pemasaran yang efektif untuk usaha kecil dan menengah di sektor warung kelontong.

References

Ayuningtyas, F. J. (2020, November). Strategi Branding Dan Promosi Online “Warung Sembako Arfa” Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 162-167).

Juhji, J., Wahyudin, W., Muslihah, E., & Suryapermana, N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1, 111-124.

Munir, M. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Kuantitas Peserta Didik. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 1-37.

Nursyirwan, V. I., Ardaninggar, S. S., Septiningrum, L. D., Gustiasari, D. R., & Hasan, J. M. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 3(2), 238-244.

Pentia, D., & Yuniarti, E. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Toko Kelontong di Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah ESAI, 12(1), 25-32.

Ratnawati, A. Y., & Susena, E. (2017). Analisis manajemen pemasaran batik di kampoeng batik laweyan surakarta. Jurnal Informa: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-9.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Sayyidi, A. R., & Hermawan, R. (2024). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Warung Kelontong “Mama Dio”. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 553–557. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/39170