Pengaruh Kualitas layanan dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare MS Glow di Marketplace Shopee

Authors

  • Melani Safitri Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Meliana Azizah Saputra Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Kulitas Layanan, Digital Marketing, Keputusan Pembelian

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana konsumen memilih untuk membeli produk perawatan kulit MS Glow di platform Marketplace Shopee berdasarkan kualitas layanan dan digital marketing.Era digital yang berkembang pesat telah menghadirkan tantangan dan peluang baru bagi pelaku bisnis skincare, terutama dalam hal pembelian online melalui platform marketplace seperti Shopee. Kualitas layanan dan strategi digital marketing dianggap penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 140 pelanggan yang sering berbelanja di Shopee. Menurut hasil analisis regresi linear berganda, kualitas layanan dan marketing digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk MS Glow di platform Shopee. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa kualitas layanan dan digital marketing memberikan efek positif pada proses keputusan untuk membeli. Implikasi praktis dari riset ini adalah bahwa pelaku bisnis skincare perlu memperhatikan kualitas layanan dan strategi digital marketing mereka untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan konsumen.

References

Bisnis, J. M. (2019). Digital Marketing dan Hedonisme Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian I Putu Lugra Agusta Pranawa (1) Agus Putu Abiyasa (2). 16(4), 58–74.

Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Bisnis, F., & Siwalankerto, J. (2019). Niken Nanincova. 7(2).

Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2021). IQTISHADequity PENGARUH KUALITAS PRODUK , DIGITAL MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPCREAM PIXY Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 4(1), 1–10.

Elbahar, C. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KADATUAN KOFFIE THE. 8(2), 1244–1251.

Fahrudin, M. F., & Yulianti, E. (2015). layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i1.385

Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra. (2005). service quality & satisfaction. andi offset.

Hanaysha, J. R. (2022). Impact of social media marketing features on consumer’s purchase decision in the fast-food industry: Brand trust as a mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), 100102. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100102

Harto, B., Rozak, A., Indonesia, U. P., Rukmana, A. Y., & Indonesia, U. P. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. June. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1.546

I Ketut Adi Wiranata, Anak Agung Putu Agung, I. M. S. P. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING, QUALITY PRODUCT DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI DI HOLLAND BAKERY BATUBULAN. 2.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS ONLINE SHOP INSTAGRAM @ KPOPCONNECTION. 10(1), 39–50.

Kotler, A. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (M. Adi (ed.); 12th ed.). Penerbit Erlangga.

Kotler, A. (2017). Principles of Marketing (Edinburgh Gate (ed.); 7th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management MARKETING MANAGEMENT Marketing Management. In Pearson Practice Hall.

Kuncoro, S. dan. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Ekuitas Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian ProdukLionStar Di Modern Market Jakarta. 4(2).

Marlien, R. A., & Semarang, U. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. February. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510

masibbuk, moniharapon, O. (2019). PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, KUALITAS LAYANAN DANTATA LETAK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA GOLDEN PASAR SWALAYAN DI KOTA MANADO). 7(1).

Masiruw, C. N., Kawet, L., Uhing, Y., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap keputusan pembelian mobil toyota rush di kota manado. 3(3), 1023–1031.

Mukti, mohamad yusuf dana. (2015). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar). 89–110.

Pande Rantika Juli, I Nengah Suardhika, G. Y. H. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ANGELO STORE UBUD BALI Pande. 2, 373–385.

Prambudi, R., Rakhmat, C., & Arisman, A. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MASA PANDEMI COVID-19 ( Survei Pada Konsumen Baju Koko Purnama Kawalu Kota Tasikmalaya ). 1(4), 465–470.

Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118. http://journal.feb.unmul.ac.id

Sirola, A., Kaakinen, M., Savolainen, I., Paek, H. J., Zych, I., & Oksanen, A. (2021). Online identities and social influence in social media gambling exposure: A four-country study on young people. Telematics and Informatics, 60(February), 101582. https://doi.org/10.1016/j.tele.2021.101582

Siti Suryani, S. S. R. (2019). Pengaruh brand image , brand trust , dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderating. 04(1), 41–53.

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (ayup (ed.); 1st ed.). Literasi Media Publishing.

Sopiyan, P. (2022). Pen . garuh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. 13(2), 249–258.

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (D. I. Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 1st ed.). ALFABETA, cv.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Safitri, M., & Saputra, M. A. (2024). Pengaruh Kualitas layanan dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare MS Glow di Marketplace Shopee. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1322–1333. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40640