Pengaruh Digital Marketing dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Siliwangi Coffee Space di Depok

Authors

  • Annisa Anggraini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Iis Noviyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Digital Marketing, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Siliwangi Coffee Space Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan populasi 25.350 konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana rumus slovin, dengan memperoleh 100 responden. Hasil uji penelitian menunjukkan bahwa Digital Marketing (X1) dan Word Of Mouth (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan memperoleh hasil persamaan regresi Y = 6,166+0,153X1+0,669X2, nilai koefisien korelasi atau tingkat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat diperoleh sebesar 0,801 artinya memiliki hubugan yang sangat kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,642, maka dapat disimpulkan bahwa variabel digital marketing dan word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 64,2%, sedangkan sisanya sebesar 35,8% di sebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji hipotesis diperoleh nilai  Fhitung 87,107 > Ftabel 3,09 dengan tingkat siginifikan 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan H3 diterima. Artinya secara simultan terdapat pengaruh digital marketing dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Siliwangi Coffe Space Depok.

References

Adi, N. R. M., Ramadhan, M. R. I., Aristawati, T., & Pratama, S. A. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Makanan di ShopeeFood. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(2), 420-433.

Anggraini, N. (2021). Pengaruh Faktor Lingkungan dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM di Lampung Barat. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(2), 157-163. https://doi.org/1,24967/jmb.v7i2.1403

Anugrah, D. (2023). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. pascasarjana.umsu.ac.id, 1

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, A., Ani, N. W., & Putri, A. T. A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Inovasi, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1383-1395.

Berita, B. (2023). Fungsi Utama Digital Marketing dan Jenis-jenisnya. Kumparan.com, 1.

Buchari Alma., 2019 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.

Darma, B. 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linear Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji f, R2). Jawa Barat: Guepedia.

Dave chaffey, F. E. (2019). Digital Marketing. United Kingdom: Pearson.

Desi, V., & Vidyapeeth, B. (2019). Digital marketing: A review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 5(5), 196-200. (page 196)

Dewi, A. S., Inayati, T., & Efendi, M. J. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 202-209.

Farikhan, M. K., & Soliha, E. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(1), 2760-2769.

Fransilia Marsilina Mewoh, Johny R. E. Tampi, dan Danny D. S. Mukuan. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 9 No. 1, 2019

G. R. Terry. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumilar Tinta Mulyansyah dan Raya Sulityowati (2021). Jurnal Vol. 9 No. 1 Pendidikan Tata Niaga

Haryantini, H. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Di Stasiun Depok Jawa Barat. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 45.

Hasibuan, M.S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: penerbit PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P (2020) Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Imron, M, S., & Nurdian, Y. (2021). Digitalisasi pemasaran keripik tempe dalam menghadapi persaingan dagang selama pandemic Covid-19. Transformasi: jurnal pengabdian Masyarakat, 17(1), 65-76

Julianti, D. A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Baso Aci Akang Citra Raya Tangerang. Prologia, 4(1), 75-81.

Kotler, P dan Amstrong. 2019. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip and Lane Keller. 2018. Marketing Manajement, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2019. Marketing Management Fifteenth Edition. New Jersey: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip, & Gary Amstrong (2018) prinsip-prinsip pemasaran, Edisi 13 Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kuspriyono, T. (2020). Strategi Pemasaran Komunitas Pedagang Berbasis Online dan Personalisasi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. Widya Cipta:jurnal sekretasri dan manajemen, 4 (2). 99-106.

Lupiyoadi, R. (2019). Manajemen Pemasaran. Jasa (Salemba Em).

M. Anang Firmansyah, Pelaku Konsumen. (Yohyakarta: CV Budi Utama, 2018), hal. 149-150

Masyaviani, D. (2021). Perkembangan Digital Marketing di Indonesia dan Tren Digital Marketing. Buzzup.id, 1.

Nabilah, M. (2023). Indonesia Menjadi Produsen Kopi Terbesar Ketiga di Dunia pada 2022-2023. databoks, 1.

Pamungkas, B. aji. (2016). Pengaruh Promosi di Mdia Sosial dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada kedai bontacos, Jombang). Komunikasi, 10(2), 145-160

Panjaitan, R. (2019). Manajemen Pemasaran. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-122.

Panjaitan, SE., Ak., M. R. (2019). Manajemen Pemasaran. Journal of Chemical Information and Modelling, 53 (9), 1689-1699.

Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25-36.

Rahmadani, N. A. (2022). Pengaruh Word Of Mouth (WOM), Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Brownies Amanda di Kabupaten Lumajang.

Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran dan Keputusan Konsumen. (Bandung: Alfabeta,2014), hal. 126

Rifani, R. A., Aryanti, S., & Syamsuriani, S. (2023). Pengaruh Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Livestream Tiktok Shop). Amsir Management Journal, 3(2), 100-114.

Robbins, Stephen. P. dan Merry Coulter (2018) Manajemen. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Siswanto, H., & Maskan, M. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek pada Preksu di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 6(1) 93-96).

Sugiharto, S., & Rahardjo, N. A. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE DAN DIGITAL MARKETING PT PRUDDENTIAL LIFE ASSURANCE TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT di SURABAYA. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(2), 1-20.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke 28 Bandung: Alfabeta, CV

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif.. Alfabeta, CV: Bandung.

Suherman, Wawan (2019) Kurikulum Berbasis Komputer Pendidikan Jasmani Teori dan Praktik Pengembangan, Yogyakarta:FIK UNY.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta:Andi

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tjiptono., Fandy & Gregorius Chandra . (2018). Service Quality Satisfiation.Edisi tiga., jakarta: Andi.

Wono, H., Ariani, N., Hermanto, A. A., & Nabila, B. F. (2022). Intregated Marketing Communicatio Kedai Pantry Magetan pada Era Digitalisasi 4.0. jurnal spektrum komunikasi,10(1).v10i1.235.

Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatima, K. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in The Challe. International journal of management science and bussines administration, 1(5), 69-80

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Anggraini, A., & Noviyanti, I. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Siliwangi Coffee Space di Depok. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22993–23002. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43238