Strategi Pemasaran Media Sosial

Authors

  • Kornelius Gulo Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Marcelo Javanda Akbarizki Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Strategi Marketing, Media Sosial, Penjualan Online, Instagram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi pemasaran media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif eksploratif dan dikembangkan melalui pendekatan kajian pustaka atau studi pustaka. Pendekatan teoritis atau konseptual dilakukan dengan mengacu pada berbagai sumber seperti buku, jurnal ilmiah dan internet. Seluruh uraian ide-ide yang ada dipadukan menjadi suatu kerangka kerja. Temuannya menunjukkan bahwa Media sosial memberikan platform yang memungkinkan perusahaan untuk menciptakan hubungan yang lebih erat dengan konsumen melalui dialog dua arah yang cepat. Hal ini telah mengubah paradigma pemasaran dari yang berpusat pada produk menjadi berpusat pada pelanggan. Selain itu, media sosial juga memberikan peluang bagi perusahaan untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan lebih mendalam, memungkinkan segmentasi pasar yang lebih tepat, serta memfasilitasi strategi pemasaran personalisasi. Dengan pemahaman dan penerapan yang tepat, media sosial dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam strategi virtual advertising and marketing, membantu meningkatkan interaksi, loyalitas, penjualan, dan pendapatan perusahaan melalui konten kreatif yang menarik.

References

Armayani, R. (2021) ‘Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), pp. 8920–8928.

Az-Zahra, N. S. (2021) ‘Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM’, NCOINS: National Conference Of Islamic Natural …, pp. 77–88. Available at: http://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/view/47%0Ahttp://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/download/47/30.

Budi Harto (2023) ‘Strategi Social Media Marketing Melalui Dukungan Teknologi Informasi dalam Kajian Kualitatif Pada UMKM Kota Bandung’, Komversal, 5(2), pp. 244–261. doi: 10.38204/komversal.v5i2.1499.

Lailia, V. R. (2023) ‘“Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Arunazma”’, Journal of Management and Social Sciences (JMSC), 1(2), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i2.161.

Putra, I. K. P. (2023) ‘Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Pada Masa Pandemi Covid-19 di The Kayon Resort’, Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 2(2), pp. 395–409. doi: 10.22334/paris.v2i2.316.

Sentosa Ko, A. (2023) ‘Penerapan Strategi Promosi Marketing Media Sosial Di Pt.Cahaya Samudra Shipyard’, ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), pp. 106–110. doi: 10.55681/armada.v1i2.385.

Septiani, N. and Helfi, Y. (2023) ‘Implikasi Media Sosial Dalam Strategi Digital Marketing Modern’, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), pp. 3393–3399.

Untari, D. (2018) ‘Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik) Dewi’, 2, p. 30. doi: 10.1080/00472330080000221.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Gulo, K., & Akbarizki, M. J. (2024). Strategi Pemasaran Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1334–1340. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40643