Pengaruh Lifestyle dan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening pada Toko Cha Store

Authors

  • Nadya Violeta Amanda Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Vicky Brama Kumbara Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Della Asmaria Putri Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

Keywords:

Lifestyle, Media Sosial, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Lifestyle Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Cha Store. Metode analisis data menggunakan kuesioner, dengan sampel 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lifestyle terhadap Brand Image. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan Media Sosial terhadap Brand Image. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image sebagai variabel intervening. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image sebagai variabel intervening.

References

Adiningsih, W. I. (2021). Analisis Dampak Self Efficacy Dan …, Widya Indah Adiningsih, Universitas Multimedia Nusantara. 1–21.

Aeniyatul. (2019). Bab iii metoda penelitian. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3, 1–9.

Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah ( Kuantitatif ) Beserta Paradigma , Pendekatan , Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 682–693. https://jinnovative.org/index.php/Innovative%0APenelitian

Aini, N. G., & Hadi. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Citra Merek Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Di Kudus Tahun 2018. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 4(1), 43–47.

Aisyah, S. (2022). Analisis Peranan Auditor Internal Terhadap Fungsi Pemasaran(Promosi) Pada Hotel Transit Syariah Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 3(2), 198. https://doi.org/10.22303/accumulated.3.2.2021.198-206

Alifah, R. N., Tentama, F., & Situmorang, N. Z. (2019). Pengujian outer model pada konstrak resiliensi. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(1), 1. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i1.15124

Alverina, D., & Syarif, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Sancraft Di Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(2), 113–112. https://doi.org/10.37817/ikraith- ekonomika.v6i2.2342

Ardiva Zakia, Asri Ayu Adisti, D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelas Sosial: Gaya Hidup, Daya Beli Dan Tingkat Konsumsi (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 2–9. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i5

Arsita, N. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) 7(2), 125–131. https://doi.org/10.24967/jmb.v7i2.1390

ARTAMEVIAH, R. (2022). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.

Asrini, W., Pratisti, C., & Informatika, I. (2024). Potensi brand personal identity dalam keputusan konsumen generasi Z pada produk H & M di Indonesia pembelian. 8(1), 74–88.

Astuti, N. P., & Bakri, R. (2021). Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi Smart-PLS 3 Secara Online di Masa Pandemik Covid 19. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 614.

Ayu, I. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas, Impulsif Buying, Hedonisme, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Online Store Media Sosial dengan Self Control Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Sharia Economics, 3(1), 23–37.

Barokah, S., Asriandhini, B., & Putera, M. M. (2021). Emotional Shopping Sebagai Variabel Mediasi Gaya Hidup Dan Motivasi Belanja Hedonis Pada Keputusan Pembelian Impulsif Produk 3Second. Maker: Jurnal Manajemen, 7(2), 156–167. https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.360

Dasmasela, V. B., & Tunjungsari, H. K. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kepuasan Pengusaha Wanita. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 864. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i3.13218

Ernawati, P. A. W. dan S. (2024). Pengaruh Sosial Media Dan Atmopshere Store Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Nabila Fashion. … (JSM) e-ISSN 2745-5955| p …, 5(1), 38–47 https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/2493%0A

Febriani, S. F., & Purwanto, N. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Hijab Butik Rabbani Jombang. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(2), 53–62. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i2.372

Fera, F., & Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i1.1611

https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/download/2493/2108

Santosa, A. D., Bintari, V. I., & Hamzah, R. A. (2019). Peran Kepercayaan Dan Brand Image Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Secara Online Di Instagram. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(1), 60–68. https://doi.org/10.37058/jem.v5i1.856

Saputro, G. B., & Siagian, H. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Intervening Motivasi Kerja Di Head Office PT. Marifood. Agora, 5(3), 1–8.

Savira, V. S. N., & Ida Yulianti. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Thrift Shop. Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi, 1(1) 110–118. https://doi.org/10.21776/jki.2022.01.1.12

Shinta Agustina. (2020). Manajemen Pemasaran: Manajemen Pemasaran Modern. In ManagementPemasaran (Vol. 9, Issue 2). https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=Z-fWDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=pemasaran&ots=4OW3gb3be_&sig=nkw1g0J8CYUiwenudefN7s-ZCd8

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Amanda, N. V., Kumbara, V. B., & Putri, D. A. (2025). Pengaruh Lifestyle dan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening pada Toko Cha Store. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 1349–1356. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46996