Transformasi Digital Riset Pemasaran Global dengan Integrasi Teknologi Terkini untuk Menyusun Strategi Responsif terhadap Perubahan Pasar Global

Authors

  • Fery Firmansyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Gita Ivana Elfrida Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Ghevira Reviani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

1. Tranformasi Digital; 2. Riset Pemasaran Global; Berkomunikasi; 3. Digital Leadership; 4. Era Digital

Abstract

Dampak transformasi digital terhadap pengumpulan dan analisis data, serta taktik untuk beradaptasi dengan perubahan di pasar global, dikaji dalam penelitian ini. Temuan ini menunjukkan bahwa bisnis yang menggunakan analisis data besar dapat memperoleh akses ke sejumlah data yang sampai sekarang tidak terlihat, seperti data transaksional, interaksi pelanggan, dan informasi media sosial, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang perilaku pelanggan. Penerapan taktik pemasaran dipengaruhi oleh penggabungan teknologi mutakhir, yang juga terhubung dengan pengumpulan data. Pemahaman menyeluruh tentang variabel yang memengaruhi perilaku pelanggan diperlukan untuk mengembangkan strategi yang beradaptasi dengan perubahan di pasar global, dan teknologi baru memungkinkan bisnis untuk mengadopsi strategi berbasis data yang solid. Kesimpulannya, untuk mendapatkan keuntungan penuh dari evolusi riset pemasaran global, perusahaan harus berkonsentrasi pada pengembangan kemampuan tim dalam mengelola teknologi yang sedang berkembang.

References

Ananda. T. A., Dewi. N. K., Saleh. M. Z. 2023. Fenomena Perubahan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen. E-ISSN: 2963-766X. Vol 2. No. 4, 98-107.

Ardiansyah. W. M. 2023. Peran Teknologi dalam Transformasi Ekonomi dan Bisnis di Era Digital. Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis. Vol 1. No 1, 12-15

Fedihartono. C. M., Virjannah. N. A., Yasin. M. 2023. Analisis Pengaruh Transformasi Struktur pada Bidang Teknologi Terhadap Kemajuan Industri di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi, dan Kewirausahaan. e-ISSN: 2963-5225. Vol 1. No 3, 80-94

Firmansyah. D., Saepuloh. D., Dede. 2022. Daya Saing: Literasi Digital dan Transformasi Digital. Journal of Finance and Business Digital (JFBD). Vol 1. No 2, 237-250.

Pangandaheng. F., Maramis. J. B., Saerang. D. P. E., Dotulong. L. O. H., Soepeno. D. 2022. Transformasi Digital: Sebuah Tinjauan Literatur pada Sektor Bisnis dan Pemerintahan. Jurnal EMBA. ISSN: 2303-1174. Vol 10. No 2, 1106-1115.

Putriana. 2023. Analisis Strategi Bisnis di Era Transformasi Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi. e-ISSN: 2828-3449. Vol 2. No 3, 223-232.

Ramadhany. E. D., Panuluh. M. R. K., Affandi. K., Arief. M. H. 2023. Dampak Transformasi Digital Berdasarkan Lensa Teoritis Socio-Technical System: Kajian Literatur. Jurnal Minfo Polgan. e-ISSN: 2797-3298. Vol 12. No 1, 1653-1668.

Santoso. P. Y. 2018. Transformasi Integrated Marketing Communication di Era Digital. Jurnal Pustaka Komunikasi. ISSN: 2614-8998. Vol 1. No. 2, 313-326.

Suhairi, Nurhazizah, Ananda. S., Nasution, R.A. 2024. Transformasi Digital Riset Pemasaran Global dengan Integritas Teknologi Terkini untuk Menyusun Strategi Responsif terhadap Perubahan Pasar Global. Jurnal Pendidikan Tambusai. ISSN: 2614-3097. Vol 8. No 1, 1510-1519.

Wahyudi. A., Assyamiri. M.B.T., Aluf. W. A., Fadillah. M.R., Yolanda. S., Anshori. M. I. 2023. Dampak Transformasi Era Digital Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Bintang Manajemen. ISSN: 2963-6035. Vol 1. No 4, 99-111

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Firmansyah, F., Elfrida, G. I., & Reviani, G. (2024). Transformasi Digital Riset Pemasaran Global dengan Integrasi Teknologi Terkini untuk Menyusun Strategi Responsif terhadap Perubahan Pasar Global. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1641–1651. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40731