MEMANFAATKAN PENGARUH INFLUENCER DALAM KAMPANYE PEMASARAN MOBILE LEGENDS

Authors

  • Muhammad Firmansyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Raihan Salsabila Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Influencer, Permainan, Mobile Legends, Kampanye

Abstract

Permainan Mobile Legends merupakan fenomena yang populer di kalangan pemain game, terutama di Asia Tenggara. Dalam kampanye pemasaran, penggunaan influencer telah terbukti efektif untuk meningkatkan kesadaran merek, menarik pemain baru, dan memperluas basis penggemar. Influencer dipilih berdasarkan basis pengikut mereka dan relevansi dengan  audiens target. Mereka menciptakan konten yang menarik, seperti gameplay, ulasan hero, dan tantangan, yang menghibur dan mengedukasi pemirsa. Dengan keterlibatan influencer yang kuat, kampanye dapat mencapai audiens yang lebih luas melalui platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan Twitch. Keberhasilan   kampanye   pemasaran   Mobile   Legends dengan influencer didasarkan pada kolaborasi yang autentik dan terintegrasi. Pengaruh dan kepercayaan influencer membantu membangun koneksi emosional dengan pemirsa, mendorong partisipasi dalam komunitas game, dan mendorong aksi seperti unduhan game. Penggunaan influencer dalam  pemasaran Mobile Legends adalah strategi yang efektif untuk menjangkau audiens yang terhubung secara digital dan berkontribusi pada pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang permainan ini.

References

Lin, C., & Wang, S. (2020). The Impact of Social Influencers on Viral Marketing: The Effect of Social Influencers on Brand Awareness and Purchase Intention of Game Industry. Information, 11(7), 344.

Kim, H., & Nam, Y. (2021). The Role of Social Media Influencers in Mobile Game Marketing: An Empirical Investigation of Korean Gamers. Sustainability, 13(12), 6531.

Chen, S. Y., Lin, H. M., & Huang, Y. C. (2019). Social Media Influencers in Game Industry: The Effect of Influencer Marketing on Player Engagement and Purchase Intention. International Journal of Information Management, 49, 366-376.

Moonton. (n.d.). Mobile Legends: Bang Bang - Official Website. Retrieved from https://m.mobilelegends.com

Tech in Asia. (2017). Mobile Legends: How Moonton is riding the mobile wave in Southeast Asia. Retrieved from https://www.techinasia.com/mobile-legends-moonton-riding- mobile-wave-southeast-asia.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Firmansyah, M., & Salsabila, R. (2024). MEMANFAATKAN PENGARUH INFLUENCER DALAM KAMPANYE PEMASARAN MOBILE LEGENDS. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 2080–2083. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40999