Pengaruh E-Learning dan Lingkungan Kampus terhadap Minat Belajar Mahasiswa dengan Motivasi Belajar
Keywords:
E-Learning, Lingkungan Kampus, Minat Belajar, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning jangka pendek dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan motivasi belajar serta peran motivasi belajar dalam memediasi pengaruh jangka pendek e-learning dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah program magister Sarjana (S1) Undiknas Denpasar dengan jumlah peserta sekitar 100 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Satu-satunya metode analisis data yang digunakan disebut analisis jalur atau lebih bahasa sehari-hari analisis jalur yang menggunakan aplikasi AMOS. Seluruh penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara statistik baik e-learning dan lingkungan sekolah terhadap motivasi siswa. Estimasi standar untuk e-learning adalah 0,201, sedangkan estimasi untuk lingkungan sekolah adalah 0,51. Dampak e-learning dan lingkungan.
References
Andriana, A. (2017). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2),77-99.
Aulawi, H. (2017). Peningkatan motivasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan kampus. Jurnal Administrasi Kantor, 5(1), 115-122.
Divayana, D. G. H. (2017). Evaluasi pemanfaat e-learning menggunakan model CSE-UCLA. Cakrawala Pendidikan. Th. XXXVI(2), 280-289.
Fauziah. A., Rosnaningsih A., Azhar S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(1), 47- 53.
Hatip, H., Listiana, Y. (2019). Minat, kemandirian dan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika dalam e-learning berbasis Edmodo. Jurnal Aksioma, 8(3), 485-496. Terdapat pada https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.226 1. Diakses 9 Maret 2020.
Ibrahim, D., Septumarsa, S., Siti, P. (2015). Pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66-79.
Kew, S. N., Petsangsri, S., Ratanaolarn, T., & Tasir, Z. (2018). Examining the motivation level of students in elearning in higher education institution in Thailand: A case study. Educ Inf Technol, 23(6), 2947-2967. Terdapat pada https://doi.org/10.1007/s10639- 018-
-z. Diakses 12 Desember 2018.
Kazakova, J. K., & Shastina, E. M. (2019). The impact of socio-cultural differences of formation of intrinsic motivation: the case of local and foreign students. Learning and Motivation, 15, 1-9. Terdapat pada https://doi.org/10.1016/j.lmot.2018.10. 001 . Diakses
Desember 2019.
Kadir, A. (2012). Dasar-dasar pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Khairani, M. (2014). Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo
Kompasiana. (2019). Meningkatkan motivasi belajar generasi milenial. Edisi 9 Juni 2019
Lin, M, H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effect of digital learning on learning motivation and learning outcome. EURASIA Journal of Mathematics and Technology Education, 13(7), 3553-3564. Terdapat pada https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.
a. Diakses 12 Desember 2018
Magdalena, Y., & Napitupulu, T A. (2018). Critical factors in e-learning influencing student motivation and collaboration in indonesian higher education institution. Journal The
WINNERS, 19(1), 9-19. Terdapat pada http://journal.binus.ac.id/index.php/win ners/ article/download/4244/3363. Diakses 2 Desember 2018
Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran teknologi informasi. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan. 18(1), 811-819. Terdapat pada http://jurnal.iainbone.ac.id/index.php/ekspose
Roza, N. (2015). Pengaruh lingkungan pendidikan terhadap minat belajar bahasa arab siswa kelas VIII MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. E-Journal Universitas Negeri Sunan Kalijaga, 11, 23-38.
Sulisworo, D., & Dahlan, A. (2017). Dampak pembelajaran e-learning terhadap motivasi pada pembelajaran fisika di sekolah kejuruan, Jurnal Berkala Fisika Indonesia, 9(1), 1-7. Terdapat pada http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/a rticle/view/6658. Diakses 6 Januari 2019
Swastika I W. K. (2017). Pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar mahasiswa STIKOM Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 23(2), 75-88. Terdapat pada http://triatmamulya.ejurnal.info/index.php/triatmamulya/article/view/93. Diakses 25
Desember 2019
Syah, M. (2010), Psikologogi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukerti, N. M. B. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Tesis (Tidak diterbitkan). Program Magister Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Wena, M. (2018). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan, konseptual operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.