Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT Hada Stamp Asia Cabang Emporium Pluit Mall Jakarta Utara
Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT Hada Stamp Asia Cabang Emporium Pluit Mall Jakarta Utara. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling menggunakan Nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling menggunakan rumus Rao Purba. Analisis data yang digunakan meliputi uji instrumen data penelitian, uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis kuantitatif, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk ( dan promosi ( berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan persamaan regresi berganda Y = 3,726 + 0,463+ 0,688 . Nilai koefisien korelasi sebesar 0,918, yang berarti memiliki hubungan sangat kuat. Koefisien determinasi berpengaruh simultan sebesar 0,844 atau 84,4%. Uji hipotesis secara parsial diperoleh hitung > tabel atau 18,200 > 1,661, maka ditolak dan diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian (Y). Promosi sebesar 12,291 > 1,661 atau thitung > ttabel maka ditolak dan diterima, sehingga menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Promosi terhadap keputusan pembelian (Y). Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau 261,445 > 2,36, dengan demikian ditolak dan diterima. Artinya, Kualitas Produk ( dan Promosi ( berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
References
A, Nok Leni., Hamali, A. Yusuf. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada Pt Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung. Journal of Management, 3(1): 14–29. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume.
Agatha, Maria. (2018). “Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung.” Journal of Chemical Information and Modeling 3(2): 27–35.
Aldini, Ahmad Feriyansyah, and Sella Venanza. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi dan Keuangan 3(1): 44–53. doi:10.52005/aktiva.v3i1.130.
Anisa, Citra Ayu. (2021). “Tingkat Manajemen Dan Manajer Beserta Fungsi-Fungsi Manajemen”. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. 2(2): 150–64. doi:10.32478/leadership.v2i2.712.
Anisa, Citra Ayu. (2021). “Tingkat Manajemen Dan Manajer Beserta Fungsi-Fungsi Manajemen.” Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam 2(2): 150–64. doi:10.32478/leadership.v2i2.712.
Astuti, R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Jurnal Akmami (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(2), 204–219.
Azka, Muhammad Irfan, and Sri Rahayu Tri Astuti. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Promosi, Harga Dan Penggunaan Qris (Quick Response Code Indonesian Standard) Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Coffee Shop Embun Senja. Diponegoro Journal of Management 12(4): 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.
Budi Rahayu Tanama Putri. (2017). Manajemen Pemasaran. Bali: FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA.
Dewi, Ellya. (2023). Literature Review Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. 1(2). https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jrimwidyakarya/article/download/189/202
Esti Dwi Rahmawati. (2023). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Faradita, Putri Adriani, Kesi Widjajanti. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia. SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(2): 130–41.
Fauzi & Rita Irviani. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Geo Vanny Maruli Tua, Andri, dan Ira Meike Andariyani. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di CV. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. STIE Mah Aputera Riau. JURNAL JUKIM Vol 1 No. 4 Juli 2022.140-154. P-ISSN: 2829-0488 E-ISSN: 2829-0518
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
H. Abdul Manap. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media
H. Krisnadi, S. Efendi, dkk. (2019). Pengantar Manajemen. Jakarta: LPU-UNAS
Hasri, A., Hartuti Elizabeth. (2024). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Roti Kayu Manis Baked Goods Ciputat. Spectrum: Multidisciplinary Journal, 1(1): 33–39.
Heriyanto, Bambang. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif ”Teori dan Aplikasi” Edisi Revisi 5. Surabaya: CV. Perwira Media Nusantara (PMN)
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis (1st ed.; Maya, ed.). Yogyakarta: Andi.
Kartajaya, H. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. Wiley.
Kartajaya, H. (2021). Marketing in Practice. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2018). Marketing Mix: Selected Chapters From: Principles of Marketing, Philip Kotler and Gary Armstrong. Pearson.
Lamb, C.W., Hair, J.F.,and McDaniel, C.(2018). Principles of Marketing. Cengage Learning. Boston
Listyawati, Ika, and Ida Kristiana. (2021). “Pengaruh Return on Equity, Current Ratio, Size Company Dan Debt to Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Maksimum 10(2): 47. doi:10.26714/mki.10.2.2020.47-57.
Lola, Azizah. (2022). Peningkatan Kualitias Produk dan Kualitas Pelayanan untuk Mencapai Keberlangsungan Usaha (Studi Kasus: Nasi Bebek Mba Dewi). STIE INDONESIA (STIE JAKARTA). http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6544
Mertha Jaya, I. M. L. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.Anak Hebat Indonesia.
Mu'arif, A., & Suryawardani, B. (2017). Analisis Bauran Promosi Pada Cafe Roempi Bandung. 3(2), 200–204.
Novi Angga Safitri, (2023). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: K Media.
Nuraeni, Y, S Sudiyanto, and A H Setiawan. (2023). “Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pelatihan Berbasis Marketplace Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemasaran Produk Pada Pelaku Usaha Bank Sampah.”Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 8(4): 5846-5851. P-ISSN: 2964-7231, E-ISSN: 2614-3658 https://jim.usk.ac.id/sejarah/article/view/28456/12992
Pasaribu Ruth F., A. Sianipar, I. Lestari, Siagian Yona F., & Sartika V. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy PT Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(1): 45–52.
Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia No. M.02.HT.03.10 Tahun 2007 tentang Bentuk dan Ukuran Cap/Stempel Notaris
Peraturan Menteri Perdagangan No. 37/M-Dag/Per/9/2007 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Perusahaan
Praditya, Alvin. (2023). Komunikasi Bisnis Dan Promosi Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Le Mineral. Jurnal Ilmiah Swara Manajemen, 3(1): 176–83. https://media.neliti.com/media/publications/563913-komunikasi-bisnis-dan-promosi-dalam-meni-bb8fab56.pdf.
R Terry, George & W Rue, Leslie. (2020). Dasar-dasar Manajemen Edisi Revisi 2. Jakarta: Bumi Aksara
Rakhmad Handin Setya Purwo dan Durinta Puspasari. (2020). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3): 458-467. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/download/8903/4053/27322
Rizka Indah Ariyanti, Fadjar Budianto. (2017). Strategi Peningkatan Pemasaran Perusahaan Marmer Mm Galeri Di Sidoarjo. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 2 (2): 24 – 42. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpm17/article/download/1058/942/
Santoso, S. (2015). SPSS20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Prof. Dr. Sugiyono. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploiratif, Enterpretif Dan Konstruktif. Edited By Y. Suryandari. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sukimin, Halimatussa’diah, Indriastuty N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Di Kota Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi 12: 194–204. https://jurnal.fem.unibabpn.ac.id/index.php/geoekonomi/article/view/162/78.
Susanti N., Rohima Dita. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pulpen Parker Pada PT. Sahabat Utama Traco Di Marketplace Shopee Official Store. Jurnal Ilmiah Swara Manajemen, 3(2):333–42. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JISM
Sutisna. (2021). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Syahputra Ramadhan, Ryo, and Hendra Herman. (2020). Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Meninap Di OS Hotel Batam.” Jurnal Ilmiah Kohesi 4(3): 1–9. https://kohesi.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/download/157/163
Tersiana, A., (2022). Metode Penelitian. Dengan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Tjiptono, Fandy. (2019). Kepuasan Pelanggan – Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2020).Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Wijaya, S., Adriansyah, A. A. (2020). Efektifitas Pelaksanaan Marketing Mix 9P Terhadap Kepuasan Pelayanan Klinik Rawat Jalan Rumah Sakit Jemursari Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 6(1), 28-42.. https://jurnal.stikesyrsds.ac.id/index.php/JMK/article/download/279/143
Yoyada S., Nugroho A. D., & Sanggarwati Diah A. (2024). Pengaruh Google Maps Sebagai Media Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm Disablonin Sidoarjo. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(01):48–59. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.