Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Bebelac di Raja Susu Jurang Mangu

Authors

  • Muhammad Daffa Pratama Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Nepi Aprilia Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Strategi Pemasaran, Penjualan, Segmenting, Targeting, Positioning, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian produk Bebelac di Raja Susu Jurang Mangu. Dalam proses pembelian, konsumen mempertimbangkan tidak hanya kualitas produk, tetapi juga ketersediaan lokasi dan promosi yang menarik. Persepsi mengenai lokasi dan promosi memengaruhi keputusan pembelian konsumen, sehingga penting untuk memahami bagaimana konsumen menilai lokasi dan promosi saat melakukan pembelian. Lokasi memiliki peran penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Lokasi yang strategis dengan fasilitas parkir yang memadai memudahkan konsumen berbelanja dan dapat menentukan keberhasilan pemasaran suatu produk. Konsumen cenderung mempertimbangkan informasi dari orang lain yang berpengalaman tentang lokasi dan promosi produk yang akan dibeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara variabel bebas, yaitu lokasi produk di toko (X1) dan promosi produk (X2), terhadap variabel terikat, yaitu keputusan pembelian (Y), baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini melibatkan 104 responden dengan menggunakan metode skala Likert, dan uji validitas serta reliabilitas dilakukan. Metode kuantitatif digunakan dengan regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 25 untuk mengidentifikasi pengaruh secara simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

References

Basu Swasta, dkk. Strategi Pemasaran Modern. Jakarta: Pustaka Jaya, 2008.

Irawan, B. S. (2001). Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta Liberty Offet.

Irawan, Basu Swasta &. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta Liberty Offet, 2001.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Vol. 13. Jakarta: Erlangga, 2010.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 2009.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta.: Erlangga, 2002.

Kotler. (2002). Pengertian Keputusan Pembelian Konsumen. Pengertian Keputusan Pembelian Konsumen.

Kotler. “Pengertian Keputusan Pembelian Konsumen.” Pengertian Keputusan Pembelian Konsumen, 2002.

Lupiyodi, Budi. Manajemen Strategis: Teori dan Praktik. Jakarta.: Gramedia Pustaka Utama., 2013.

Smith, John. The Impact of Durbin Watson Technique in Regression Analysis." Journal of Statistical Methods, 10(2), 112-125. 2015.

Tjiptono. (2007). ( 2007:92 ). PEMILIHAN LOKASI USAHA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA JASA BERSKALA MIKRO DAN KECIL, 92. USAHA JASA BERSKALA MIKRO DAN KECIL, 2007: 92.

Tjiptono. “Manajemen Pemasaran: Strategi dan Implementasi. Edisi 3.” Manajemen Pemasaran: Strategi dan Implementasi. Edisi 3. Yogyakarta, 2007: 92.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Pratama, M. D., & Aprilia, N. (2024). Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Bebelac di Raja Susu Jurang Mangu. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 981–989. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40423