Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Kopi Janji Jiwa Jatiuwung Tangerang
Keywords:
Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Kopi Janji Jiwa Jatiuwung Tangerang, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dari seluruh populasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,175. Hal ini mengindikasikan bahwa promosi yang dilakukan oleh Kopi Janji Jiwa Jatiuwung tidak memiliki dampak yang cukup kuat dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sebaliknya, kualitas pelayanan (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,010, yang berarti bahwa kualitas pelayanan yang diberikan berperan penting dalam menentukan keputusan pembelian konsumen. Secara simultan, terdapat pengaruh antara promosi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai F sebesar 3,656 dan nilai signifikansi sebesar 0,029. Ini menunjukkan bahwa baik promosi maupun kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Kopi Janji Jiwa Jatiuwung Tangerang.
References
Algifari. (2019). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. BPFE.
Amstrong, K. dan G. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Erlangga Malhotra.
Andy, A. (2022). Pengaruh Harga, Variasi, & Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Produk Pakaian Wanita Melalui Shopee (Studi Kasus Di Kota Tangerang). Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 489–498.
Annisa, E. L. (2023). Strategi Promosi Rainbow Hills Golf Melalui Media Whatsapp Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Konsumen. Doctoral Dissertation, Universitas Djuanda Bogor.
Appley A, Lawrence, Lee, Oey, L. (2019). Pengantar Manajemen. Salemba Empat.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.
Assauri, S. (2015). Manajemen pemasaran. PT Raja Grafindo.
Buchari, A. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cv Alfabeta.
Dharmmesta, P. B. S. (2019). Manajemen pemasaran. BPFP.
Ediana, E. (2019). Peningkatan Kualitas Informasi Laporan Keuangan Yang Dipengaruhi Kualitas Auditor Internal Dan Sistem Pengendalian Internal (Survey Pada Perusahaan BUMN di Kota Bandung). Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia.
Fayol, H. (2019). Pengantar Administrasi dan fungsi-fungsi manajemen.
Ghozali, I. (2019). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Universitas Diponegoro.
Hardiansyah. (2020). Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Gava Media.
Lupiyoadi, R. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Salemba Empat.
Mursid, M. (2019). Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara.
Robbins, S. P. and M. C. (2019). Manajemen, Jilid 1 Edisi 13 (A. B. B. S. D. D. B. P (ed.)). Erlangga.
Santoso, S. (2020). SPSS20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi. PT. Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.
Sirojuddin, N. M. (2021). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian acsessoris HP merek Wellcomm: Studi kasus pada konter Putra Mobile Sumbersari Kota Malang. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Solomon. Michael, S. (2020). Consumer Behaviour: Buying, Having and Being. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sunarto, I. S. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam Karyawan Bsi Kcp Ratulangi Palopo Dalam Meraih Kepuasan Nasabah. Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).
Supangat, A. (2019). Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Kencana Prenada Media GroupKencana Prenada Media Group.
Terry, G. R. dan L. W. R. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. PT Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius, C. (2019). Pemasaran Strategik Edisi ke-3. Andi (Anggota IKAPI).
Widnyani, N. M., Rettobjaan, V. C., & Aristayudha, A. N. B. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Inovasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek (Studi Kasus Pada Universitas Bali Internasional). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 75–92.
WIRANGGA, I. W. L. (2023). Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Kualitas Pelayanan E-Servqual Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pondok Jas Denpasar. Doctoral Dissertation,Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.