Survey Efektivitas Penggunaan Blended Learning Bagi Mahasiswa
Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran campuran, Mahasiswa, Survey, Model Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan blended learning dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa. Metode yang digunakan adalah survei dengan melibatkan 117 mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Pamulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mayoritas mahasiswa yang menjawab adalah Perempuan (57,3%) dengan rata-rata usia mahasiswa berada pada rentang usia 20-30 tahun (59,0%). Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan blended learning secara signifikan meningkatkan motivasi belajar, pemahaman materi, dan kepuasan mahasiswa. Meskipun demikian, beberapa tantangan, seperti keterbatasan akses teknologi dan interaksi yang kurang, juga teridentifikasi. Faktor-faktor seperti pemahaman materi, penggunaan teknologi, serta keterlibatan belajar sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif di masa depan.
References
Sarah, B. & Handaru, J. (2015). Jurnal Pendidikan : Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Vol 5, Nomor 1
Ilham, M. , Mujiyati, S. & Saefudin, A (2023). Efektivitas Blended Learning pada Pembelajaran Teknologi Pendidikan Mahasiswa Semester 4 Prodi PAI. Vol.9, No.1
Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 401–410
Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19. Agriekstensia, 19(2), 121–128.
Permana, D., Kusdi, I., Salam, M., Iriantara, Y., & Barlian, U. C. (2021). Inovasi Pembelajaran dengan Model Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 31–47.
Putra, A. M. D. (2022). Analisis Metode Blended Learning dalam Pembelaran Sejarah di Siswa Kelas XI SMA Koperasi Pontianak pada Masa New Normal (Studi Kasus). Historica Didaktika, 2(1), 1–23.
Rahayu, D., Stefanus Marpaung, D., Fatimatuzzahrah, Khairunnisa, Kusuma Prabu Ningrat, I., & Solihah, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1773–1782.
Ambar Ningsih, W. S., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 85–93.
Aritantia, Y., Muslim, S., Wibowo, T., Rijanto, T., & Cholik, M. (2021). Kajian Literatur Sistematis Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(2), 178–185.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.