Minat Beli Online Generasi Z Di Wilayah Tangerang Pada Aplikasi TikTok Shop

Authors

  • Anita Astriyani Universitas Pamulang
  • Wendy Nabilah Universitas Pamulang
  • Wina Septiana Universitas Pamulang
  • San Ridwan Maulana Universitas Pamulang

Keywords:

Minat, TikTok Shop, Generasi Z, E-Commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belanja online generasi Z terhadap aplikasi TikTok Shop, yang merupakan salah satu platform e-commerce yang berkembang pesat. Generasi Z dipilih sebagai objek penelitian karena mereka merupakan pengguna aktif platform digital dengan pola belanja yang unik. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan dari 110 responden berusia 15-26 tahun melalui survei yang mencakup kuesioner terkait kemudahan transaksi, kepercayaan konsumen, dan niat untuk menggunakan kembali aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97,27% responden tertarik untuk mencoba fitur-fitur interaktif TikTok Shop terutama generasi Z yang memiliki minat eksploratif yang tinggi terhadap fitur aplikasi TikTok Shop, namun minat transaksional dan preferensial masih bervariasi. Temuan ini mengindikasikan perlunya strategi pemasaran yang lebih interaktif dan berbasis pengalaman untuk menarik perhatian generasi Z. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan platform e-commerce dan memahami perilaku konsumen di era digital khususnya dalam upaya mengoptimalkan daya tarik TikTok Shop bagi generasi muda yang sangat dinamis dalam perilaku belanjanya.

References

Aziz Mubarok, D. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli

Konsumen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun

Francis, T., & Hoefel, F. (2018). ‘True Gen’: Generation Z and Its Implications for Companies.

McKinsey & Company.

Hermawan, D. J. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Online. Universitas

Panca Marga.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Kompetensi (Edisi ke-3). Jakarta: Salemba

Empat.

Mayasari, & Patmawati. (2019). Pengaruh Iklan Internet, Celebrity Endorser, dan Gaya Hidup

terhadap Minat Beli pada Shopee di Kota Padang. Padang.

Zorn, R. L. (2017). Coming in 2017: A New Generation of Graduate Students

The Z generation. College and University; Washington

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Astriyani, A., Nabilah, W., Septiana, W., & Maulana, S. R. (2023). Minat Beli Online Generasi Z Di Wilayah Tangerang Pada Aplikasi TikTok Shop. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(1), 342–346. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45515