Pengaruh Keterlibatan Pengguna Tiktok terhadap Minat Beli Studi Kasus pada Konsumen Produk Skintific

Authors

  • Muhammad Hasbi Aisamuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Beng Ahmad Narfila Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Customer Engagement, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak interaksi konsumen melalui platform media sosial TikTok terhadap minat beli produk Skintific. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian terdiri dari pengguna aktif media sosial TikTok yang telah berinteraksi dengan akun resmi Skintific. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang mencakup variabel-variabel customer engagement seperti absorption, enthusiasme, attention, identification, interaction, dan variabel minat beli produk Skintific. Metode sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui aplikasi Google Form dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa absorption, enthusiasme, attention, identification, interaction, dan customer engagement secara signifikan mempengaruhi minat beli produk Skintific. Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran media sosial TikTok dalam memengaruhi perilaku konsumen terkait minat beli produk Skintific. Implikasi dari penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai panduan bagi perusahaan untuk meningkatkan strategi pemasaran melalui media sosial, khususnya TikTok, guna meningkatkan interaksi konsumen dan memperkuat minat beli terhadap produk Skintific.

References

Abdul, R. (2021). Pengertian Digital Marketing. Diambil kembali dari http://www.karyailmiah.trisakti.ac.id/uploads/kilmiah/dosen/2_EBOOK_DIGITAL_MARKETING.pdfFournier, C. (2017). The Manager’s Path: A Guide for Tech Leaders Navigating Growth and Change. (L. Ruma, Ed.) (First). United States of America: O’Reilly Media.

Adi, p. A. (2022). Pengertian Manajemen Pemasaran. Diambil kembali dari https://digilib.unila.ac.id/14247/14/BAB%20II.pdfGee, S. (2014). Fraud Detection. In Fraud and Fraud Detection(pp. 7–15). Hoboken, NJ, USA: John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1002/9781118936764.ch2

Ajzen dan Fishbein, Y. d. (2019). Minat Beli. Diambil kembali dari Minat Beli: https://www.ojs.ukim.ac.id/index.php/peluang/article/viewFile/315/228 Indonesia (2004). Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Hakikat Pelayanan Publik. Jakarta: Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.

Akun TikTok Skintific. (2022). Diambil kembali dari Akun TikTok Skintific: https://vt.tiktok.com/ZSNrPksjv/Mansyuri, R. (2003). Kebijakan perpajakan. Jakarta: Yayasan Pendidikan dan Pengkajian Perpajakan.

Bororing Stefany, D. A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Skincare Merek Somethinc Survey Pada Followers Instagram Somethinc. Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani, 50.

databoks.katada.co.id. (2023, April). Diambil kembali dari databoks.katada.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as

dataindonesia.id. (2023, Februari 3). Diambil kembali dari dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-diindonesia-sebanyak 167-juta-pad

Eka Fatin Oktaviani, R. H. (2020). PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER RACHEL VENNYA TERHADAP MINAT BELI SCARLETT WHITENING THE INFLUENCE OF RACHEL VENNYA CELEBRITY CREDIBILITY ON SCARLETT WHITENING BUYING INTEREST. 4695 - 4704.

Putri Prisma Miardi, M. R. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No 1, 27

Stefany Bororing, A. S. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Skincare Merek Somethinc Survey Pada Followers Instagram Somethinc. 46-57.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yoong Chee Liew, L. B. (2019). Customer Engagement in Social Media and Purchase Intentions in the Hotel Industry. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences Vol. 9 , No. 1, Jan, 2019, E-ISSN: 2 2 22 -6990 © 2019 HRMARS, 1-16

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Aisamuddin, M. H., & Narfila, B. A. (2024). Pengaruh Keterlibatan Pengguna Tiktok terhadap Minat Beli Studi Kasus pada Konsumen Produk Skintific. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 907–913. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40412