ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA DESKRIPTIF

Authors

  • Kusuma Dewi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Anis Fitria Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Anggi Ayuni Ledistra Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Jakariah Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Motivasi Statistika Deskriptif .

Abstract

Analisis motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika Deskriptif penting untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi semangat dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. oleh karena itu, diperlukan adanya analisis untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika Deskriptif tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data. Dimana data diperoleh dari membuat kuesioner yang mengukur berbagai dimensi motivasi belajar, seperti minat, tujuan pembelajaran, kemandirian, dan persepsi diri. Dari hasil analisis yang dilakukan didapatkan hasil bahwa dengan menerapkan konsep-konsep statisika deskriptif akan menghasilkan analisis yang lebih baik dilihat dari aspek observasi,modeling,self efficacy, reinforcement, dan kognitif.Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam mata kuliah Statistika Deskriptif.

References

Pannen, P. (2005). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran. Dipresentasikan pada Seminar Sun Commitment in Education and Research Industry, Jakarta, 29 Juni.

Permatasari, I., dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi SETS (Science, Environment, Technology and Society) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Histogram: J.Pijar MIPA, 13(3), 74-78.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Ramadhona, R., & Nurizzati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuiri Mata Kuliah Matematika Umum untuk Mahasiswa Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan Kiprah, VI(2), 21-24. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i2.780

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Dewi, K., Fitria, A., Ledistra, A. A., & Jakariah. (2024). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA DESKRIPTIF . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 1231–1236. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46235