Pengaruh Nudge Keuangan terhadap Perilaku Menabung Gen Z
Keywords:
Nudge keuangan, perilaku menabung, Gen Z, keputusan menabung, strategi keuanganAbstract
Untuk melakukan penelitian ini, 150 responden Generasi Z (Gen Z) di wilayah Jabodetabek diberikan kuesioner. Data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan analisis regresi untuk menguji dampak dari variabel-variabel 'pendorong' keuangan, seperti insentif keuangan dan pengingat, terhadap keputusan menabung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak 'dorongan finansial' terhadap perilaku menabung Gen Z saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 'dorongan' finansial sangat meningkatkan motivasi Gen Z untuk menabung. Responden lebih cenderung menyisihkan persentase dari pendapatan mereka untuk menabung jika mereka menerima pengingat untuk menabung melalui notifikasi perbankan atau aplikasi keuangan. Selain itu, menawarkan insentif seperti suku bunga yang lebih tinggi untuk tabungan berjangka atau program cashback untuk transaksi tertentu dan promosi lainnya juga mendorong generasi muda untuk menabung lebih banyak. Hasil-hasil ini menunjukkan bahwa strategi ‘dorongan’ mungkin menjadi strategi yang efektif untuk mendorong kaum muda untuk menjadi kebiasaan menabung. Lembaga keuangan dapat menawarkan nasihat keuangan individual melalui berbagai program digital yang menggunakan AI. Studi ini memberi bank ide untuk membuat program yang lebih inovatif dan menarik bagi Gen Z untuk mendorong mereka untuk menabung untuk stabilitas keuangan di masa depan. Hasilnya, strategi 'dorongan' ini tidak hanya meningkatkan kesadaran akan pentingnya menabung, tetapi juga meningkatkan literasi keuangan di kalangan anak muda Indonesia.
References
Benartzi, S., Previtero, A., & Thaler, R. H. (2016). How Much Is Investor Autonomy Worth? The Review of Financial Studies, 29, 1100-1120
Priyono, Jordi Irnandi. (2022). Preferensi Gen Z Dalam Pemilihan Aplikasi Investasi Digital, Jurnal Prodi Manajemen, 4 (2), 353-354. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45536
Hutajulu, Shanty Damayanti. (2024). Pengaruh Financial Literacy dan self Control terhadap Financial Behavior Pengguna Aplikasi E-Wallet . Jurnal Manajemen Bisnis Era Digital, 11 (1), 246. https://ejournal.arimbi.or.id/index.php/JUMABEDI/article/download/287/503/1605
Thaler, R. H., & Benartzi, S. (2004). Save More Tomorrow™: Using Behavioral Economics to Increase Employee Saving. Journal of Political Economy, 112(S1), S164–S187
Kahneman, D. (2011). Thinking, Fast and Slow. Farrar, Straus and Giroux.
Thaler, R. H., & Sunstein, C. R. (2008). Nudge: Improving Decisions About Health, Wealth, and Happiness. Yale University Press.
Vilantika, E ., Santoso, R, A. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan Gen Z Untuk Membangun Gen Cerdas Finansial. Jurnal Pengabdian Manajemen, 04(1), 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Isaniyah Agustina, Dini Shofi Fajrina, Ghea Walyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.