Manfaat dan Risiko Flash Sale pada E-Commerce: Tinjauan dalam Mengelola Persaingan di Era Diskon Cepat

Authors

  • Dini Shofi Fajrina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Diana Riyana Harjayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Flash Sale, E-Commerce, Strategi Pemasaran, Persaingan, Loyalitas Pelanggan, Diskon Cepat, Risiko Bisnis

Abstract

Platform e-commerce sering kali menggunakan flash sale sebagai taktik pemasaran untuk menarik pelanggan dengan memberikan diskon besar dalam jangka waktu singkat. Dengan fokus pada pengelolaan daya saing di era flash sale, penelitian ini bermaksud untuk menyelidiki keuntungan dan kerugian penerapan flash sale dalam lingkungan e-commerce. Flash sale memiliki keuntungan dalam menarik pelanggan baru dan meningkatkan lalu lintas situs web sekaligus meningkatkan penjualan dengan cepat. Namun ada juga bahaya yang terkait dengannya, seperti berkurangnya margin keuntungan dan loyalitas konsumen serta kemungkinan kerugian bagi vendor kecil yang kesulitan bersaing dengan perusahaan besar. Pelanggan juga mungkin merasa tertekan untuk melakukan pembelian spontan, yang dapat membuat pengalaman berbelanja mereka menjadi kurang ideal. Analisis saat ini meneliti cara-cara di mana pelaku perusahaan dapat secara efektif menerapkan metode flash sale dengan menjaga keseimbangan antara kepuasan konsumen dan volume penjualan. Perusahaan e-commerce harus mampu menciptakan strategi yang lebih efektif untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan menyadari kelebihan dan kekurangan tersebut.

References

Chen, L., Chen, R., & Lin, C. (2017). The Impact of Flash Sales on Consumer Behavior: An Empirical Study. Journal of Consumer Research, 44(2), 122-135.

Chopra, S., & Meindl, P. (2016). Supply Chain Management: Strategy, Planning, and Operation. 6th ed. Pearson

Li, M., & Kannan, P. K. (2019). Price Promotions in E-commerce: The Double-edged Sword of Flash Sales. Marketing Science, 38(4), 645-663.

Oliver, R. L. (1999). Whence Consumer Loyalty? Journal of Marketing, 63(4), 33-44.

Porter, M. E. (1980). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. Free Press.

Sharma, S., & Gaur, A. (2019). Managing Customer Expectations in Flash Sales: The Role of Time Pressure and Product Availability. International Journal of Retail & Distribution Management, 47(1), 84-97.

Wu, J., Luo, J., & Strong, D. (2020). The Effectiveness of Flash Sales in E-commerce: A Cross-market Analysis. Electronic Commerce Research and Applications, 41, 100991.

Xiao, S., & Dong, H. (2018). Impacts of Flash Sales on Customer Loyalty: A Comparative Study. Journal of Retailing, 94(1), 134-145.

Zhang, X., & Cheng, Y. (2021). Understanding the Impact of Frequent Flash Sales on Brand Perception and Customer Engagement. Journal of Business Research, 125, 320-330.

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Fajrina, D. S., & Harjayanti, D. R. (2022). Manfaat dan Risiko Flash Sale pada E-Commerce: Tinjauan dalam Mengelola Persaingan di Era Diskon Cepat. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(2), 168–173. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45439