PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN SMART APPS CREATOR UNTUK MELATIH KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK
Keywords:
pengembangan, media pembelajaran interaktif, smart apps creator, kecerdasan visual spasialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan Smart Apps Creator untuk melatih kecerdasan visual spasial dan juga untuk melihat efektivitas penggunaan media pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan soal tes (Pretest dan Posttest). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli materi, lembar penilaian ahli media, lembar angket respons peserta didik, dan lembar soal tes. Data penelitian ini diperoleh dari dua ahli materi, dua ahli media, 10 peserta didik kelas VII A SMP Negeri 10 Tasikmalaya, dan 32 peserta didik kelas VII D SMP Negeri 10 Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan media pembelajran interaktif yang dapat digunakan melalui android. Hasil penelitian ini pada tahap analysis (wawancara untuk memperoleh informasi mengenai permasalahan, proses dan penggunaan media pembelajaran); tahap design (pembuatan flowchart, storyboard dan pengumpulan aset-aset); tahap development (pembuatan media pembelajaran dan validasi oleh ahli materi dan ahli media); tahap implementation (uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan kepada siswa kelas VII); tahap evaluation (melaksanakan revisi setiap tahap pengembangan produk dan melaksanakan post-test). Tingkat efektivitas media pembelajaran interaktif berbantuan Smart Apps Creator diperoleh dari pretest dan posttest dengan mendapatkan skor effect size 1,38 yang berada pada kriteria ”strong effect”, yang artinya penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan Smart Apps Creator memiliki efek yang tinggi untuk melatih kecerdasan visual spasial peserta didik.
References
Arsyad, Badu, S. Q., Abbas, N., & Hulukati, E. (2022). Buku Ajar Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Storyboard untuk Pembuatan Multimedia Interaktif. CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Atsani, Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 82–93.
Azizah. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk Mengajarkan Global Warmin. SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF) 2020.
Budyastomo, A. W. (2020). Gim Edukasional Untuk Pengenalan Tata Surya. Teknologi, 10(2), 55–66. https://doi.org/10.26594/teknologi.v10i2.1955
Farhan, E., & Umbara, U. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Representasi Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.3949
Fatimah, A., & Purwasih, R. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Di Islamic Boarding School Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.625-632
Juanti, S., Karolina, R., Sylviana Zanthy, L., Siliwangi, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.239-248
Kifthiyyah, M., Hariastuti, R. M., & Listiwikono, E. (2023). Kemampuan Visual Spasial Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Jenis Kelamin. Differential: Journal on Mathematics Education, 1, 110–125.
Mananeke, S. G., Wenas, J. R., & Sambuaga, O. T. (2017). Hubungan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Geometri. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5, 87–91.
Nuraeni, I., Ratnaningsih, N., & Madawistama, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Melalui Aplikasi Ispring untuk Mengeksplor Kemampuan Representasi Matematis.
Nuraini, A., Sunardi, S., Ambarwati, R., Hobri, H., & Jatmiko, D. D. H. (2022). Analisis Karakteristik Kecerdasan Visual Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Shape and Space Ditinjau dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. KADIKMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 88. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31637
Rohaeti, E. E., Evans, B. R., Wiyatno, T., Prahmana, R. C. I., & Hidayat, W. (2023). Differential Learning Assisted with SANTUY Mobile Application for Improving Students’ Mathematical Understanding and Ability. Journal on Mathematics Education, 14(2), 275–292. https://doi.org/10.22342/jme.v14i2.pp275-292
Suhartati, O. (2021). Flipped Classroom Learning Based on Android Smart Apps Creator (SAC) in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012070
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wiwin Windani Wiwin, Puji Lestari Puji, Depi Setialesmana Depi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).
