PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN VOCABULARY SISWA SD

Authors

  • Mutiah Mutiah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Adit Rizki Sudrajat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arina Zahra Saskia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Haykal Gunanda Ahmad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hafiziani Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

kartu bergambar, kosakata, hasil belajar, media visual, pembelajaran bahasa inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan vocabulary mata pelajaran Bahasa Inggris di SD. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen One Group Pretest and Posttest Design. Sampel pada penelitian ini siswa kelas V SDN Ciwangi Purwakarta dan poupulasinya seluruh siswa di SDN Ciwangi Purwakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan seluruh siswa kelas V soal pretest dan posttest yang sama berupa pilihan ganda berjumlah 15 soal. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah software SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil beberapa uji menggunakan SPSS, penilitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh menggunakan media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan vocabulary siswa. Namun, hanya berlaku untuk sampel, karena penilitian ini hasilnya belum bisa merepresentasikan populasi.

References

Apipudin, A., & Saputra, E. R. (2023). Best Practice: Pentingnya Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/md.v19i1.54430

Febriyanti, C., & Seruni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/622

Fitri, A., Ermiana, I., & Husniati, H. (2022). Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Gugus III Kecamatan Ambalawi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2402–2407. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.985

Fujiono, Basri, H., Badriyah, J., Roda’i, M., & Hidayati, N. (2024). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Meningkatkan Retensi Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Krisnadana Journal, 4(1), 46–51. https://doi.org/10.58982/krisnadana.v4i1.786

Gultom, F. Y., & Mudiono, A. (2024). Penggunaan Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar | Journal of Language Literature and Arts. Journal of Language Literature and Arts, 4(3), 288–294. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p288-294

Haq, M. A., Mulyani, S., & Sholeh, A. (2023). Paradigma Pembelajaran Bahasa Arab (Analisis Kontrastif Metode Pembelajaran Konvensional dan Kontemporer). Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 2(1), 63–75. https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.71

Hidayati, N. N. (2020). Rethinking the quality of children’s bilingual story books. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2226

Jariah, S., & Marjani, M. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2643

Lukas, L., & Tandikombong, M. (2022). Pkm Peningkatan Kosa Kata Siswa Bahasa Inggris dengan Games untuk Menunjang Kemahiran Bahasa Inggris Anak – Anak Tingkat SD di Lembang Marante, Kecamatan Sopai, Toraja Utara. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 80–85. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i2.1759

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Warta Dharmawangsa, 50, Article 50. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207

Maziyah, H. N., & Zumrotun, E. (2024). Pengaruh Media Flashcard terhadap Kemampuan Literasi Numerasi di SDN 3 Karangaji. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 157–164. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1401

Ndraha, M. P., Naibaho, T. T., Purba, M. A., Siburian, G. D., Manurung, A. K. R., Silitonga, R. A., Herman, H., Sihombing, S. D., & Saragih, V. R. (2023). The Importance of Learning English “Vocabulary” for Elementary School Age Children. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.47668/join.v2i3.992

Noviyanti, A., Ruswan, A., & Nurmahanani, I. (2023). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar (Penelitian Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest Design pada Siswa Kelas I SDN 3 Poris Gaga). Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 4(1), Article 1.

Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587

Rohmatin, R. (2023). Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2039

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Umroh, I. L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.52166/dar

Wariyati, W., Sujarwo, S., Tambusai, A., & Hasibuan, A. Z. (2022). Pelatihan Metode TPR dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Vocabulary Dasar Bagi Guru – Guru Mis Jami’atul Qomar, Dalu X A, Tanjung Morawa, Deli Serdang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 5(1), Article 1.

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Mutiah, M., Sudrajat, A. R., Saskia, A. Z., Ahmad, H. G., & Putri, H. E. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN VOCABULARY SISWA SD. STATMAT : JURNAL STATISTIKA DAN MATEMATIKA, 7(2), 104–112. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/sm/article/view/49212

Issue

Section

Articles