PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN VOCABULARY SISWA SD
Keywords:
kartu bergambar, kosakata, hasil belajar, media visual, pembelajaran bahasa inggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan vocabulary mata pelajaran Bahasa Inggris di SD. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen One Group Pretest and Posttest Design. Sampel pada penelitian ini siswa kelas V SDN Ciwangi Purwakarta dan poupulasinya seluruh siswa di SDN Ciwangi Purwakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan seluruh siswa kelas V soal pretest dan posttest yang sama berupa pilihan ganda berjumlah 15 soal. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah software SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil beberapa uji menggunakan SPSS, penilitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh menggunakan media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan vocabulary siswa. Namun, hanya berlaku untuk sampel, karena penilitian ini hasilnya belum bisa merepresentasikan populasi.
References
Apipudin, A., & Saputra, E. R. (2023). Best Practice: Pentingnya Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/md.v19i1.54430
Febriyanti, C., & Seruni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/622
Fitri, A., Ermiana, I., & Husniati, H. (2022). Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Gugus III Kecamatan Ambalawi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2402–2407. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.985
Fujiono, Basri, H., Badriyah, J., Roda’i, M., & Hidayati, N. (2024). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Meningkatkan Retensi Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Krisnadana Journal, 4(1), 46–51. https://doi.org/10.58982/krisnadana.v4i1.786
Gultom, F. Y., & Mudiono, A. (2024). Penggunaan Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar | Journal of Language Literature and Arts. Journal of Language Literature and Arts, 4(3), 288–294. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p288-294
Haq, M. A., Mulyani, S., & Sholeh, A. (2023). Paradigma Pembelajaran Bahasa Arab (Analisis Kontrastif Metode Pembelajaran Konvensional dan Kontemporer). Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 2(1), 63–75. https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.71
Hidayati, N. N. (2020). Rethinking the quality of children’s bilingual story books. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2226
Jariah, S., & Marjani, M. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2643
Lukas, L., & Tandikombong, M. (2022). Pkm Peningkatan Kosa Kata Siswa Bahasa Inggris dengan Games untuk Menunjang Kemahiran Bahasa Inggris Anak – Anak Tingkat SD di Lembang Marante, Kecamatan Sopai, Toraja Utara. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 80–85. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i2.1759
Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Warta Dharmawangsa, 50, Article 50. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207
Maziyah, H. N., & Zumrotun, E. (2024). Pengaruh Media Flashcard terhadap Kemampuan Literasi Numerasi di SDN 3 Karangaji. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 157–164. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1401
Ndraha, M. P., Naibaho, T. T., Purba, M. A., Siburian, G. D., Manurung, A. K. R., Silitonga, R. A., Herman, H., Sihombing, S. D., & Saragih, V. R. (2023). The Importance of Learning English “Vocabulary” for Elementary School Age Children. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.47668/join.v2i3.992
Noviyanti, A., Ruswan, A., & Nurmahanani, I. (2023). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar (Penelitian Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest Design pada Siswa Kelas I SDN 3 Poris Gaga). Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 4(1), Article 1.
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Rohmatin, R. (2023). Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2039
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Umroh, I. L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.52166/dar
Wariyati, W., Sujarwo, S., Tambusai, A., & Hasibuan, A. Z. (2022). Pelatihan Metode TPR dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Vocabulary Dasar Bagi Guru – Guru Mis Jami’atul Qomar, Dalu X A, Tanjung Morawa, Deli Serdang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 5(1), Article 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutiah Mutiah, Adit Rizki Sudrajat, Arina Zahra Saskia, Haykal Gunanda Ahmad, Hafiziani Eka Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).
